Pidato Singkat Tentang Kesehatan

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Pidato Singkat Tentang Kesehatan

Pepatah mengatakan bahwa dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Dalam Agama pun dikatakan bahwa muslim yang kuat lebih baik dari muslim yang lemah. Barang kali kesehatan adalah nikmat yang sering kali terlalaikan dalam diri manusia, kesehatan menjelma menjadi sebuah mahkota yang hanya dapat dilihat oleh orang-orang yang sakit. Sehingga tak jarang kesehatan ini kurang disyukuri dan dioptimalkan keberadaannya. Selengkapnya pidato singkat tentang kesehatan berikut ini.
 
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 Pada kesempatan kali ini izinkanlah saya menyampaikan bahasan tentang kesehatan. Barang kali kesehatan adalah nikmat luar biasa yang tidak dapat di ukur dengan uang. Keberadaannya sering kali menjadi nikmat yang terlupakan untuk disyukuri bahkan ada yang mengatakan bahwa nikmat sehat adalah mahkota yang hanya dapat dilihat dalam kaca mata orang yang sakit. Ketika sehat kita sering kali melupakan betapa mahalnya nikmat ini sehingga kita tidak menggunakan kesehatan dengan sebaik-baiknya.

Pepatah mengatakan bahwa dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, barang kali kesehatan yang baik dapat menjadi jalan agar manusia mampu berjuang menjadi sebaik-baiknya manusia dengan jiwa yang tangguh dan kuat. Bayangkan saja tanpa kesehatan daya untuk lebih banyak berkreasi dan berinovasi menjadi sangat nihil. Kesehatan menjadi salah satu kunci bagaimana manusia dapat memanfaatkan hidupnya secara lebih optimal.

Kesehatan dapat dipandang sebagai keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Kesehatan menjadi faktor penting yang menunjang produktivitas manusia. Kesehatan badan dan juga mental menjadi kunci agar manusia dapat hidup damai, sejahtera dan sentosa. Badan kesehatan dunia atau WHO memberikan definisi lengkap mengenai kesehatan yang merupakan“sumber daya bagi kehidupan sehari-hari, bukan tujuan hidup Kesehatan adalah konsep positif menekankan sumber daya sosial dan pribadi, serta kemampuan fisik.

Semboyan yang sering kali digaungkan berkaitan dengan kesehatan yaitu mensana in corpore sano, yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Barang kali terdapat keterikatan antara kesehatan fisik dan mental. Keduanya saling memengaruhi dan bergantung satu sama lain. Sehingga jika salah satunya sakit akan memengaruhi yang lainnya dan sebaliknyapun demikian.

Contoh kecilnya adalah jika kita mengalami demam yang tinggi atau mungkin sakit kepala, kita akan cenderung merasa malas untuk melakukan aktivitas. Hal ini adalah fenomena yang sangat manusiawi di alami manusia dimana kesehatan tubuh sering kali memengaruhi kesehatan mental. Maka menjaga kesehatan baik fisik maupun mental adalah kunci dari kehidupan yang produktif dan sejahtera.

Lalu apa yang dapat dilakukan agar dapat memiliki kesehatan yang prima? Hidup sehat harus dimulai dari yang kecil, sekarang juga, dan dari diri sendiri. Apapun yang kita makan akan sangat berpengaruh terhadap tubuh, karena sari-sari makanan kita yang sudah dicerna akan disalurkan ke dalam tubuh melalui aliran darah. Maka ada baiknya makanan yang kita makan dapat menjadi obat bukan racun bagi tubuh. Membiasakan diri untuk memakan makanan yang sehat dengan menghindarkan diri dari makanan sampah atau junk food adalah salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh. Bukankah kita tahu bahwa sering kali penyakit berpangkal pada kondisi pencernaan yang rusak karena tidak baik dalam menjaga pola makan?

Lalu, bagaimana makanan yang sehat itu?

 Makanan yang sehat adalah yang tidak mengandung bahan pengawet, usahakan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang alami. Perbanyak buah dan sayuran untuk menu-menu tiap harinya. Hal ini akan tercipta pengertian kesehatan dengan benar. Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mengkonsumsi vitamin haruslah dari buah aslinya, baik dimakan langsung atau dibuat jus, dan akan lebih baik lagi jika buah tersebut organik, ditanam dengan pupuk-pupuk yang organik.

 Kesehatan tidak hanya berkaitan dengan pola makan tapi juga berkaitan dengan pola hidup. Olah raga disebut-sebut sebagai gaya hidup yang perlu diupayakan menuju kehidupan yang lebih baik dan sehat. Banyak penelitian yang mengungkapkan keterkaitan antara olah raga dengan kesehatan tubuh. Diantaranya dapat meng urangi stress, dapat mengeluarkan racun-racun yang mengendap dalam tubuh dsb.

 Selain kesehatan fisik, kesehatan mental dan spiritual pun perlu terus dikembangkan dan diperbaharui. Shalat sebagai tiang agama umat muslim merupakan aktivitas ibadah yang berkontribusi positif pada kesehatan fisik, mental dan spiritual. Banyak penelitian yang mengungkapkan sisi positif kesehatan yang terdapat dalam gerakan shalat. Aktivitas ibadah ini pun menjadi kunci kesejahteraan batin manusia karena keberadaannya mendekatkan manusia pada sang Khalik, Allah Swt. Bukankah Allah berfirman,'' Dan hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.

 Sering kali kita tidak mensyukuri nikmat hanya karena nikmat itu mudah untuk didapatkan dan menjadi dsangat biasa untuk memilikinya. Hal ini seperti halnya kesehatan yang sering kali luput disyukuri hanya karena kita tidak pernah ditimpa sakit. Dapat dibayangkan bagaimana kehidupan mereka yang sepanjang hidupnya harus menjalani perawatan dan pengobatan. Bagaimana pula jika organ kesehatan kita menjadi rusak misalnya kerusakan ginjal yang membuat kita harus mencuci darah setiap minggu.

Sungguh berharga sekali setiap apa yang diciptakan-Nya hingga teknologi manusia secanggih apapun tidak dapat menandinginya. Siapa pula yang dapat menciptakan mata, telinga, ginjal, paru-paru, dan jantung jika bukan penciptanya. Satu saja organ tubuh manusia rusak maka kita akan dibuat sangat tidak berdaya dengan keadaan itu.

Barang kali demikianlah yang dapat saya sampaikan. Kurang dan lebihnya mohon dimaklumi dan dimaafkan. Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tags :

Pidato Singkat Tentang Kesehatan