Contoh Pidato Peringatan Hari Laut Sedunia

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Contoh Pidato Peringatan Hari Laut Sedunia

Tanggal 8 juni merupakan hari laut sedunia yang seyogyanya menjadi refleksi bagi bangsa ini sebagai negara kepulauan. indonesia yang 2/3 wilayahnya adalah laut memiliki potensi besar dalam bidang kelautan baik dari segi ekonomi maupun sumber daya bota laut. untuk memanfaatkan potensi tersebut dibutuhkan berbagai upaya bak dari pemerintah maupun masyarakat. Lebih lengkapnya simak contoh pidato peringatan hari laut sedunia

 Assalamulaikum Wr. Wb

Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua

Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat. Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

Pada kesempatan yang baik ini, tepatnya pada tanggal 8 Juni ini izinkanlah saya menyampaikan sebuah pidato dalam rangka memperingati hari laut seduni’. Semoga pidato yang disampaikan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya dalam membimbing kita semua agar bijak dalam mengelola potensi laut terutamanya laut indonesia.

Hadirin yang berbahagia,

Indonesia adalah negara kepulauan yang 2/3 wilayahnya adalah lautan. Potensi laut indonesia adalah potensi yang sangat besar untuk terus dikembangkan. 70 % dari wilayah indonesia adalah lautan. Sebesar 14 persen dari terumbu karang dunia ada di Indonesia. Diperkirakan lebih dari 2.500 jenis ikan dan 500 jenis karang hidup di dalamnya. Kekayaan biota laut di Indonesia adalah hal yang patut di jaga dan dikembangkan secara bijak keberadaannya.

Hadirin yang berbahagia

Jika dilihat dari kaca mata ekonomi, potensi laut diperkirakan mencapai 7.200 triliun per tahun. Hal ini disampaikan oleh Direktur Indonesia Maritime Institute (IMI) Dr. Yulius Paonganan, M.Sc, yang mengatakan bahwa potensi laut Indonesia mencapai enam kali lipat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). “Total potensi ekonomi maritim Indonesia sangat besar. Diperkirakan mencapai Rp 7.200 triliun per tahun, atau empat kali lipat dari APBN 2014 (Rp 1.800 triliun) ,”ujar Yulius pada seminar bertajuk “Menggagas Maritime Policy di Negeri Bahari”.

Hadirin yang berbahagia

Besarnya potensi laut indonesia adalah sebuah tantangan yang harus di hadapi bangsa ini. Wilayah laut dari sabang sampai merauke adalah sebuah amanah besar yang harus dipikul oleh bangsa ini dengan mengelola dan memanfaatkan potensi laut secara bijak. Secara lebih jauh potensi laut Indonesia diharapkan menjadi poros maritim dunia seperti visi yang di gulirkan oleh Presiden Joko Widodo yang menegaskan bahwa diharapkan Indonesia menjadi poros maritim dunia yang terwujud dalam bentuk Indonesia sebagai kekuatan maritim yang bersatu (unity), sejahtera (prosperity), dan berwibawa (dignity).

Hadirin yang berbahagia

 Besarnya potensi sumberdaya yang terkandung di wilayah Indonesia tidak akan bermanfaat tanpa didukung pengetahuan untuk mengelola, memanfaatkan dan melestarikannya. Ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi tumpuan agar kita semua dapat memanfaatkan potensi tersebut. Inovasi teknologi yang dihasilkan oleh para peneliti dan akademisi harus dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha yang bergerak di bidang kelautan. Namun dalam proses tersebut, diharapkan etika menjadi dasar dan panduan dalam memanfaatkan potensi laut secara ramah.

Hadirin yang berbahagia,

 Akhirnya dengan memohon kehadirat Allah SWT, semoga rangkaian Peringatan Hari laut sedunia ini bisa memberikan inspirasi dan motivasi dalam mengelola dan memanfaatkan potensi laut secara bertanggungjawab. Dan semoga kita semua diberi kekuatan untuk membangun bangsa dan negara menuju Negara maritim yang maju, kuat, dan mandiri. Sekian dan terima kasih.

Wassalam Wr Wb

Tags :