Contoh Khutbah Jum’at Tentang 7 Keistimewaan Shalat Subuh

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Contoh Khutbah Jum’at Tentang 7 Keistimewaan Shalat Subuh

Contoh Khutbah Jum’at Tentang 7 Keistimewaan Shalat Subuh - Shalat subuh adalah shalat dengan waktu terpendek dibandingkan dengan shalat pada waktu lainnya. Shalat subuh adalah shalat yang biasanya paling sering terlewatkan, karena shalat yang satu ini penuh dengan godaan. Diwaktu menjelang fajar rasanya ingin rasanya kembali menarik selimut dan terlelap kembali. Ternyata dibalik godaan yang tersimpan ada keistimewaan yang membedakan shalat subuh. Keterangan lebih lanjut akan kita bahas dalam contoh khutbah atau contoh dakwah kali ini.

Hadirin Jama’ah Jum’at yang dirahmati Allah.

Sebagai umat muslim yang kita mempunyai kewajiban untuk melaksanakan shalat lima waktu, yang salah satunya shalat subuh. Shalat subuh dilaksanakan sebelum waktu fajar, dan waktunya sangat pendek. Jika shalat lainnya berakhir ketika datang nya waktu shalat selanjutnya, maka berbeda dengan shalat subuh, ketika fajar muncul itulah batas akhirnya. Keistimewaan dari shalat ini selain dari lantunan adzannya, yaitu adalah keutamaan-keutamaannya, dimana jika kita paham betul akan keutamaan ini maka kita tidak akan ragu lagi untuk bangun dari tidur kita dan kemudian melaksanakan shalat subuh. Dan keutamaan tersebut diantaranya :

Pertama, shalat subuh adalah membuka pintu rezeki
Diriwayatkan dari Ali bin Abu Thalib RA : selepas sholat Subuh Rasulullah mendapati putrinya Fatimah tengah tertidur, maka Beliau membangunkannya dan mengatakan “hai Fatimah bangun dan saksikanlah rizki Rabbmu, karena Allah membagi – bagikan rizki para hamba antara sholat Subuh dan terbitnya matahari” (HR. Al Mundziri).

Dalam hadist tersebut tersirat bahwa rejeki datang pada waktu subuh, dan ketika kita shalat subuh tepat pada waktunya, taat terhadap perintah-Nya maka akan Allah mudahkan segala urusannya.

Kedua, shalat subuh memberi perlindungan sepanjang hari
"Barang siapa yang menunaikan shalat Subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Shalat Subuh menjadikan seluruh umat berada dalam jaminan, penjagaan, dan perlindungan Allah sepanjang hari. Barang siapa membunuh orang yang menunaikan shalat Subuh, Allah akan menuntutnya, sehingga Ia akan membenamkan mukanya ke dalam neraka" [HR Muslim, At-Tarmidzi dan Ibnu Majah]

Ketiga, sholat subuh sama dengan sholat semalam suntuk.
Usman bin Affan berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ

“Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656)

Keempat, sholat subuh adalah tolok ukur keimanan
Shalat subuh mempunyai waktu yag berbatas dengan waktu kita tertidur, dan ketika adzan berkumandang udara masih terasa dingin, mata masih sulit untuk terbuka. Maka hanya orang-orang dengan keimanan kuat yang senantiasa melaksanakan shalat pada awal waktu subuh. Suatu hadist menyebutkan :
"Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat Isya' dan shalat Subuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya (berjamaah di masjid) sekalipun dengan merangkak" [HR Al-Bukhari dan Muslim]

Kelima, sholat subuh adalah penyelamat dari neraka
Sebuah hadist meriwayatkan bahwa seseorang yang melaksanakan shalat subuh tidak akan masuk neraka. HR. Muslim menerangkan Rasulullah bersabda “tidak akan masuk neraka orang yang melaksanakan sholat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamnya”.

Keenam. sholat subuh adalah salah satu penyebab seseorang masuk surga
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّة
“Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635)

Ketujuh, sholat subuh disaksikan para malaikat.
Al Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasul SAW bersabda “Malaikat malam dan malaikat siang bertemu pada waktu salat subuh, kemudian Abu Hurairah berkata, ‘ Jika kalian mau. Bacalah’ Sesungguhnya salat subuh itu disaksikan oleh para malaikat“.

Dari tujuh keistimewaan shalat subuh yang telah kita ketahui selayaknya akan membuat kita mampu mengalahkan rasa kantuk dan rasa dingin yang menyergap tubuh. Allah SWT telah memberikan keutamaan yang tiada tara untuk pelaksanaan shalat subuh ini. Shalat yang rakaatnya paling pendek diantara yang lainnya. Sungguh Maha Besar Allah dengan segala Firman-Nya.