Naskah Pidato Tentang Hari Besar Islam

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Naskah Pidato Tentang Hari Besar Islam

Naskah pidato tentang hari besar islam - Tak hanya secara nasional saja yang memiliki hari-hari besar, nyatanya kita sebagai umat islam juga memiliki banyak hari-hari besar islam seperti Isra Miraj, idul fitri, idul adha, nuzulul quran, dan masih banyak lagi yang lainnya. namun sayangnya nampaknya masih saja banyak umat islam yang merasa asing dengan hari besar agamanya sendiri dibandingkan dengan hari besar nasional. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan naskah pidato tentang hari besar islam.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, nikmat dan karuniaNya sehingga kita sekalian khususnya yang hadir disini msih diberikan kesempatan untuk dapat merasakan nikmatnya bersilaturahmi di majelis yang mulia ini. tak lupa juga lantunan shalawat serta salam akan senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW sebagai nabi akhir jaman yang akan selalu kita tunggu syafaatnya di yaumul kiyamah.

Hadirin sekalian yang dimuliakan oleh Allah.

Tentunya kita sebagai umat islam harusnya paham dan mengerti betul tentang hari-hari besar agama kita sendiri. jangan sampai nantinya kita malah menjadi asing dengan hari besar agama kita sendiri namun malah mengetahui dan memahami hari-hari besar agama lain dan tanpa disadari malah ikut-ikut merayakannya. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini, perkenankanlah kami untuk memberikan pidato mengenai hari-hari apa saja yang termasuk ke dalam hari besar agama islam.

Hadirin sekalian yang dimuliakan oleh Allah.

Ada dua hari penting yang tak kan mungkin dilupakan oleh semua umat muslim sebagai hari paling besar dan paling bermakna dibandingkan dengan hari-hari besar lainnya yaitu hari raya idul fitri dan hari raya idul adha. Tanpa perlu dijelaskan dengan detail pasti hampir semua umat muslim tahu kapan datangnya kedua hari raya tersebut. terlebih lagi kehadiran dua hari raya besar tersebut selalu saja melibatkan keputusan pemerintah yang akhirnya akan diumumkan secara nasional.

Hari raya islam yang selanjutnya yang patut kita ketahui adalah Nuzulul Quran. Peringatan yang dilaksanakan setiap tanggal 17 Ramadhan ini tentunya harus diketahui oleh umat muslim. Karena peringatan Nuzulul Quran merupakan peringatan mengenai tanda turunnya Al Quran yang diberikan kepada Muhammad Allah SWT dengan perantara malaikat jibri.

Selanjutnya peringatan hari besar islam yang patut untuk diketahui adalah Lailatul Qadar. Lailatur Qadar merupakan 10 malam ganjil terakhir pada bulan Ramadhan dan merupakan satu malam yang sangatlah penting karena hanya akan terjadi di bulan Ramadhan saja. malam tersebut merupakan malam yang lebih baik dibandingkan dengan 1000 bulan serta memiliki banyak keistimewaan-keistimewaan yang lainnya.

Maulid nabi juga merupakan salah satu hari bersejarah yang harus diketahui oleh umat muslim. Hal ini karena pada hari tersebut merupakan peringatan kelahiran nabi mulia Muhammad SAW. Biasanya peringatan ini akan diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal. Meski peringatan mengenang kelahiran bukanlah ajaran nabi, namun hari besar ini diperuntukkan untuk mengenang setiap perjuangan Beliau serta untuk meneladani setiap akhlak terpuji yang dimilikinya.

Hadirin sekalian yang dimuliakan oleh Allah.

Karena terbatasnya waktu, kiranya hanya beberapa hari-hari besar itulah yang dapat saya sampaikan. Apabila ada kekurangan saya mohon maaf.

Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Wal Hidayah.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.