Naskah Pidato Tentang Jujur

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Naskah Pidato Tentang Jujur

Naskah pidato tentang jujur - Jujur memiliki makna sebagai perbuatan yang sesuai dengan apa adanya. Dan orang yang jujur tenu saja merupakan orang yang mampu bersikap apa adanya. Saking pentingnya sikap jujur ini, diharapkan setiap orang untuk berperilaku dengan sikap tersebut. sehingga untuk membantu tujuan tersebut, maka disini kami akan mencoba memberikan salah satu contoh naskah pidato tentang jujur yang semoga dapat bermanfaat.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Ucapan puji syukur kehadirat Allah Sang Maha Pemilik Hidup tentunya tak akan pernah kita lewatkan. Karena berkat Allah lah kita semuanya masih diberikan kesempatan berupa umur yang panjang dan kesehatan yang baik sehingga kita masih dapat berkumpul dalam acara yang semoga diberkahi oleh Allah ini. tak lupa juga shalawat serta salam akan senantiasa kita haturkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW yang telah memberikan petunjuknya sehingga kita semua akhirnya dapat selamat dari jaman Jahiliah yang gelap gulita.

Seluruh hadirin wal hadirat yang dimuliakan oleh Allah.

Bagi umat islam, kejujuran merupakan salah satu tanda bukti keimanan. Karena seorang mukmin pasti jujur dan tidak akan berbohong. Bahkan bisa dikatakan berlaku jujur merupakan sebuah kawajiban untuk setap mukmin yang beriman. Hal tersebut telah sangat dijelaskan dalam sebuah Hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban didalam Shahihnya :

عَنْ اَبــِى بَكْرٍ الصِّدِّيـْقِ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: عَلَـيْكُمْ بِـالصِّدْقِ، فَاِنــَّهُ مَعَ اْلبِرِّ وَ هُمَا فِى اْلجَنَّةِ. وَ اِيـَّاكُمْ وَ اْلكَذِبَ، فَاِنــَّهُ مَعَ اْلفُجُوْرِ وَ هُمَا فِى النـَّارِ. ابن حبان فى صحيحه

Dari Abu Bakar Ash-Shiddiq RA ia berkata, “Rasulullah SAW bersabda : “Wajib atasmu berlaku jujur, karena jujur itu bersama kebaikan, dan keduanya di surga. Dan jauhkanlah dirimu dari dusta, karena dusta itu bersama kedurhakaan, dan keduanya di neraka”. [HR. Ibnu Hibban di dalam Shahihnya

Seluruh hadirin wal hadirat yang dimuliakan oleh Allah.

Melihat hadist tersebuat pastinya kita menegreti betul bahwa sifat jujur memang snagat diperlukan dalam kehidupan kita supaya dapat menciptakan suatu kehidupan yang temtram dan damai. Bahkan untuk pribadinya sendiri sikap tidak jujur dapat membawa mereka ke dalam neraka. Namun memang kata “jujur” merupakan sebuah kata yang mudah untuk diucapkan namun sangat sulit untuk dipraktekkan. Bahkan tanpa sadar kita pun sering tidak jujur kepad diri kita sendiri.

Padahal sebenarnya kejujuran dapat menentukan langkah kita dalam meniti jalan kehidupan ini dalam rangka untuk mencari kebahagiaan dunia dan akherat. Ketika sesorang telah berbuat jujur, maka selain itu akan menguntungkan dirinya secara pribadi hal tersebut juga akan memberikan dampak yang baik juga untuk orang-orang yang ada disekitarnya.dan begitu kita melakukan dusta untuk pertama kalinya maka biasanya akan diikuti dnegan dusta-dusta lainnya. sehingga memang sangat dianjurkan untuk setiap musim untuk selalu berperilaku jujur dalam setiap aspek kehidupan ini, baik jujur dalam berniat, jujur dalam berucap, jujur dalam berbuat, jujur dalam melakukan janji, serta jujur dalam kenyataan. Dengan cara ini maka insyalaah, kita semua akan menjadi seorang mukmin sejati yang akan mendapatkan kebahagiaan baik dunia maupun akherat.

Seluruh hadirin wal hadirat yang dimuliakan oleh Allah.

Kiranya hanya sedikit saja yang dapat saya sampaikan. Apabila terdapat tutur kata yang tidak berkenan di hati hadirin sekalian , maka saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Walhidayah.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Naskah Pidato Tentang Jujur