Naskah Pidato Tentang Etika

Naskah pidato tentang etika – Kemajuan teknologi yang terjadi dalam negara kita memang patut untuk diberikan apresiasi karena mampu membuat negara kita menjadi sebuah negara yang cukup disegani di dunia internasional. Namun ternyata dibalik semua itu, ternyata ada satu hal yang patut lebih kita perhatikan dibandingkan dengan kemajuan teknologi itu sendiri yaitu mengenai etika, khususnya di generasi mudanya yang saat ini nampaknya telah mulai luntur. Sejalan dengan hal tersebut, maka disini kami akan mencoba menghadirkan gambaran lunturnya etika yang terjadi pada generasi muda melalui salah satu contoh naskah pidato tentang etika.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tak lupa , pertama-tama marilah kita senantiasa memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang hingga detik ini masih berkenan memberikan kita segala rahmat dan karunianNya sehingga kita masih diberikan kesempatan untuk berkumpul bersama dalam acara yang berbahagia ini. tentunya tak ketinggalan shalawat serta salam marilah senantiasa kita haturkan kepada manusia mulia, Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan kita petunjuk sehingga kita mampu meniti jalan yang terang benderang.

Hadirin sekalian yang dimuliakan oleh Allah.

Dengan derasnya arus globalisasi yang tak bisa dibendung lagi, nampaknya membuat bangsa kita mengalami suatu krisis yang kompleks. Mungkin selama ini bangsa kita telah terlalu sibuk menghadapi berbagai masalah mulai dari bidang ekonomi, sosial hingga bencana alam yang bertubi-tubi. Sehingga akhirnya membuat kita terlena dna melupakan salah satu masalah yang sangat vital yaitu mengenai turunnya moral dan etika bangsa kita. dan tentunya jika ini kita biarkan berlarut-larut, krisis moral dan etika yang ada sekarang ini tentunya akan memberikan dampak yang begitu buruk dalam keberlangsungan bangsa kita di masa yang akan datang.

Hadirin sekalian yang dimuliakan oleh Allah.

Nampaknya kemudahan akses setiap bangsa masuk ke bangsa lainnya membuat perubahan yang cukup signifikan dalam perubahan bentuk perilaku dan gaya hidup. Namun sayangnya yang terjadi sekarang lebih mengacu kepada perubahan perilaku dan gaya hidup kearah yang negatif. Generasi muda nampaknya tak lagi peduli dengan adanya norma yang berlaku dalam masyarakat. Mereka tak lagi peduli dengan apa yang dinamakan dengan sopan santun. Bahkan yang lebih parah, ketika seseorang begitu peduli dengan sopan dan santun dan menjunjung tinggi etika malah dikatakan sebagai sosok yang udik dan ketinggalan jaman.

Tentunya banyak faktor yang mendorong generasi muda kita berperilaku seperti itu seperti terlalu longgarnya pengetahuan mengenai agama, kurangnya keefektifan pembinaan moral dan etika, dan tentunya masih banyak lagi lainnya. Melihat beberapa problematika yang muncul tersebut semakin lama semakin tak terbendung, maka hendaknya segala aspek yang ada dalam bangsa kita baik dari generasi pemuda itu sendiri, masyarakat, keluarga dan tentunya juga pemerintah, harus saling bahu membahu untuk mengatasi permasalahan tersebut. dan tentunya pembinaan menegnai pentingnya moral dan juga etika harus segera dilakukan semenjak dini dan dimulai dari lingkungan yang paling kecil yaitu keluarga. Sehingga diharapkan kerjasama yang baik antara seluruh lapisa masyarakat tersebut benar-benar mampu mencetak generasi muda yang lebih baik yang menjunjung tinggi moral dan etika.
Hadirin sekalian yang dimuliakan oleh Allah.

Kiranya hanya singkat saja tentang etika pada kesempatan kali ini. kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Wal Hidayah.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.