Naskah Pidato Eksposisi Tentang Ekonomi

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Naskah Pidato Eksposisi Tentang Ekonomi

Naskah pidato eksposisi tentang ekonomi - Masalah ekonomi yang terjadi di negara kita memang selalu saja menarik untuk disimak. Karena memang jika dilihat dari segala sudut kondisi ekonomi negara kita mampu menjadi sebuah pembahasan yang cukup panjang. Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba memberikan salah satu naskah pidato eksposisi tentang ekonomi. Sebelum kami menghadirkannya akan lebih baik jika saya berikan dulu pengertia dari pidato eksposisi. Secara umum pidato eksposisi merupakan sebuah pidato yang menerangkan tentang sebuah topik yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada pendengar.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pertama dan utama marilah kita sekalian yang hadir dalam majelis ini untuk sejenak menundukkan kepala sebagai wujud rasa syukur kita kehadirat Allah SWT yang hingga detik ini masih berkenan memberikan segala nikmat dan karuniaNya sehingga kita masih diberikan kesehatan serta umur yang panjang. Tak lupa juga tentunya shalawat serta salam marilah senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang telah memberikan petunjuk dan tauladannya sehingga kita masih mampu berjalan pada jalan yang lurus yaitu Islam.

Hadirin sekalian yang dirahmati oleh Allah.

Sebagai bagian dari keluarga bangsa Indonesia yang besar tentunya kita merasa miris sekali dengan kondisi ekonomi kita yang bukannya bertambah baik namun malah semakin terpuruk. Terlebih lagi kondisi rupiah yang semakin melemah terhadap nilai pertukaran Dollar yang membuat efek yang cukup luar biasa bagi kehidupan ekonomi masyarakat kita seperti adanya peningkatan pengangguran dan banyak perusahaan yang gulung tikar. Melihat keadaan ini, akhirnya banyak masyarakat awam yang kemudian tanpa tahu apa langsung saja menyalahkan kinerja pemerintah sekarang ini. Padahal sebenarnya jika kita kaji lebih jauh lagi kondisi Rupiah yang semakin melemah dan terpuruk tersebut, tidak hanya disebabkan karena kondisi ekonomi kita yang buruk serta kinerja pemerintah yang tak maksimal. Namun ternyata banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhinya.

Hadirin sekalian yang dirahmati oleh Allah.

Sebenarnya, kondisi ekonomi kita yang morat-marit dan Rupiah yang mencapai nilai tukar hingga Rp 14.000 bukan hanya disebabkan karena sistem ekonomi kita saja yang lemah, namun memang saat ini kondisi nilai tukar Dollar memang sedang naik. Hal ini terbukti bahwa hanya beberapa negara saja yang tidak terpengaruh oleh keadaan ini. sedang sebagian besar lain, keadaan ekonomi mereka juga turut goyah. Sehingga melihat keadaan ini, maka tentunya keterpurukan Rupiah memang bukan hanya disebabkan karena keadaan Rupiah itu sendiri.

Namun melihat keadaan ini, tentunya bukannya hanya dibiarkan begitu saja menunggu kondisi Dollar melemah, namun lebih dari itu pemerintah kita juga telah mengambil berbagai kebijakan-kebijakan untuk mengatasi permasalah tersebut. dan tentunya kebijakan yang dikeluarkan pemerintah tersebut tidak akan dapat berjalan dengan maksimal dan optimal jika masyarakat sendiri tidak turut mendukungnya. Sehingga memang, diperlukan sebuah sinergi yang apik antara pemerintah dan masyarakat untuk mengatasi masalah tersebut.

Hadirin sekalian yang dirahmati oleh Allah.

Kiranya hanya cukup sekian saja yang dapat saya sampaikan. Apabila ada banyak tutur kata yang sekiranya kurang berkenan di hati hadirin sekalian maka saya memohon maaf yang sebesar-besarnya. Tak lupa juga saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada hadirin sekalian karena telah meluangkan waktunya untuk mendengar pidato saya yang singkat ini.

Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Wal Hidayah.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.