Contoh Dakwah Tentang Sabar

Contoh dakwah tentang sabar – Sabar, adalah sebuah kata yang sangat mudah di ucapkan namun akan sangat sulit untuk dilakukan. Membutuhkan pelatihan dan juga kebiasaan untuk bisa selalu dalam keadaan sabar. Berbicara tentang sabar, maka kalia ini akan kami berikan contoh dakwah tentang sabar yang semoga bisa memberikan sedikit pemahaman tentang apa itu sabar.

Assalamualaikum wr.wb

Segala puji bagi Allah atas segala nikmat yang telah Dia berikan kepada seluruh umat Islam di seluruh Dunia. Shalawat serta salam tentu tak kan pernah terlupa untuk nabi Besar Muhammad SAW yang telah memberikan cahaya sehingga kita bisa keluar dari jaman kebodohan.

Kaum Muslimin yang semoga selalu dalam naungan Allah
Dalam kehidupan umat manusia, ada tiga kehidupan yang akan dilewati saat masih berda dalam kandungan, pada saat hidup di dunia dan pada saat kita mati yaitu kehidupan di akherat. Pada saat kita hidup di alam kandungan, maka kita belum dapat dikatakan sebagai manusia secara utuh karena secara akal kita belum memilikinya sehingga bentuk kewajiban ibadah juga belum ditanggungkan kepada kita. Kemudian selanjutnya adalah kehdupan dunia dan kehidupan akherat. Jika dibandingkan dengan kehidupan di akherat maka kehidupan di dunia merupakan kehidupan yang sangat singkat. Namun meski hidup di dunia itu sangat singkat berbagai kejadian telah banyak terjadi di kehidupan dunia baik itu suka dan duka akan selalu menghiasi kehidupan setiap manusia.

Kaum muslimin yang selalu dalam lindungan dan Rahmat Allah SWT
Manusia seringkali digelayuti oleh nasib yang berbeda dalam menjalani hari-harinya tanpa ada kepastian apa sebenarnya yang akan terjadi. Semuanya tentu merupakan hak prerogatif Allah. Kita sebagai manusia tentunya hanya harus tunduk dibawah keputusan dan juga kehendakNya. Namun bukan berarti terus kemudian sebagai manusia pasrah karena memang Allah sendiri tidak akan merubah suatu kaum jika kaum itu sendiri tak merubahnya. Untuk itu seringkali Allah menguji hambaNya untuk memberikan kepada pilihan kepada manusia, apakah ia akan terus menjadi seorang hamba yang taat atau mungkin juga ia akan menjadi seorang hamba yang ingkar. Dan salah satu cara untuk dapat melalui itu semua adalah dengan cara sabar.

Kaum muslimin yang selalu dalam naungan Allah
Seorang Imam besar yaitu Imam Ghazali mengatakan bahwa sabar merupakan menguatkan dorongan agama untuk mengalahkan dorongan hawa nafsu manusianya. Jasi sabar merupakan sebuah konsep agresif untuk terus selalu maju dengan cara melepaskan diri dari segala masalah dan juga kesedihan. Kesabaran seharusnya tidak selalu diartikan untuk menerima segala bentuk kesedihan dan keadaan yang tidak kita inginkan, namun juga sabar yang bisa diaplikasikan ke segala aspek kehidupan termasuk bersabar pada saat kita mendapatkan nimat.

Dalam agama Islam, sabar merupakan bagian dari tubuh amal. Bahkan sifat sabar menempati pada bagian kepala. Sehingga tidak akan ada keimanan bagi orang yang tidak mampu bersabar.

Kaum muslimin yang selalu dalam naungan Allah
Kita sebagai muslim yang beriman, tentunya harus bersabar atas segala apa yang telah digariskan oleh Allah. Karena terkadang, apa yang baik bagi seorang hamba belum tentu dianggap baik bagi Allah. Dan Allah mengetahui atas segala apa yang tidak kita ketahui.

Demikian sedikit dakwah tentang sabar yang dapat kami sampaikan.

Billahi atufik wal hidayah.
Wassalamuailaikum warohmatullahi wabarokatuh

Semoga contoh dakwah tentang sabar di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.