Contoh Pidato tentang Makanan Siap Saji

Contoh Pidato tentang Makanan Siap Saji | Makanan Siap saji merupakan salah setu jenis makanan yng diminati oleh masyarakat Dunia, Indonesia khususnya. Selain tidak merepotkan, makanan siap saji juga tidak membuang – buang banyak waktu atau dengan kata lain selalu siap saji. Berikut Contoh Podato tentang Makanan Siap Saji :
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Yang pertama, marilah kita ucapkan puji beserta syukur atas kehadiran Allah SWT yg salah satunya telah memberikan kita kesempatan untuk berkumpul di tempat yang kita cintai ini.
Shalawat berangkaikan salam tidak bosan – bosannya kita hadiahkan kepada roh junjungan alam yakni nabi besar Muhammad SAW.
Yang saya hormati Bapak / Ibu Guru
Dan teman – teman yang saya sayangi
Baiklah untuk menghemat waktu, langsung saja judul Pidato saya pada kesemptan kali ini adalah tentang Makanan Siap Saji.
Makanan cepat saji merupakan jenis makanan yang dapat disajikan dan disiapkan dalam waktu yang relatif singkat. Biasanya makanan – makanan ini tersedia di tempat atau restoran mewah, misalnya saja Pizza Hut, KFC, McDonald, dan lain-lain. Masyarakat kini cenderung lebih suka mengkonsumsi makanan cepat saji seperti ini, mungkin karena penyajiannya yang cepat sehingga tidak perlu membuang – buang waktu, salin itu mungkin juga karena jaman sekarang mayoritas masyarakat sudah mulai malas memasak. Apalagi dengan sekarang sudah tersedia yang namanya delivery atau biasa disebut juga dengan layanan cepat antar, sehingga tanpa pergi kemana-mana makanan sudah bisa tersedia. Makanan cepat saji dapat dikatakan enek disebagian lidah masyarakat, dan beberapa juga ada yang harganya terjangkau. Namun bahan kimia yang ada didalam makanan cepat saji itu tidak bisa dipungkiri lagi, misalnya saja seperti zat adiktif. 
Kita ambil contoh makanan cepat saji yang bernama Chicken Nugget, makanan ini memang sangat popular di kalangan anak-anak karena, makanan ayam tanpa tulang ini cukup menarik dan juga cukup lezat, Namun terbukti bahwa pada tahun 2003 bahan yang terkandung di dalam chicken nugget adalah 50% bukan merupakan daging ayam asli tetapi komposisi bahan sintetis, agen leavening, jagung, gula, dan turunannya. Contoh lainnya adalah Burger, para ahli menyatakan bahwa makanan ini merupakan makanan yang tidak sehat, itu karena Burger pada proses pembuatan dagingnya menggunakan kontaminasi paparan. Kontaminasi paparan ini memiliki risiko yang tinggi, sebab secara otomatis dapat mempengaruhi otak dimana manusia akan merasa tidak memiliki energi sehingga menjadi malas untuk melakukan kegiatan apapun. Makanan burger ini juga dapat mengembangkan atau memicu obesitas dan penyakit jantung. Contoh selanjutnya adalah soda kaleng, bahan-bahan yang terkandung di dalam soda cukup berbahaya. misalnya Gula Pops, bahan ini merupakan salah satu jenis bahan utama yang ditemukan di sebagian besar soda. Bahan ini dapat memicu atau menimbulkan penyakit jangka panjang. Selanjutnya Asam Fosfat yang dapat membatasi penyerapan kalsium, dan mungkin dapat menyebabkan osteoporosis. Ada lagi Aspartam, jika sering mengkonsumsi bahan ini kemungkinan besar dapat menimbulkan gangguan emosi, tumor otak, dan sindrom metabolik.
Maka dari itu, untuk mejaga kesehatan marilh kita kurangi mengkonsumsi makanan cepat saji, karena kita juga harus meningkatkan mengkonsumsi sayuran dan buah – buahan serta vitamin. Beberapa vitamin diduga mengandung zat antikarsinogen diantaranya adalah vitamin A, C, E yang banyak terkandung dalam sayuran dan juga buah – buahan, brokoli yang mengandung asam folat, bayam dan asparagus yang mengandung betakaroten, Vitamin B3, vitamin D dalam bentuk aktif terdapat pada susu, mentega, kuning telur, ikan, beras dan hati. Tentang zat aditif tersebut Kita juga harus memberi pengertian pada keluarga, mengawasi, mengontrol pemberian dan penggunaan uang jajan, dan membiasakan membawa bekal makanan yang sehat dari rumah.
Demikianlah pidato singkat dari saya, mohon maaf apabila ada kesalahan Wassalamu’alaikum Wr Wb.