Contoh Pidato Hari Kemerdekaan HUT RI 17 Agustus 2017

Seperti yang kita semua ketahui bahwa 17 agustus seperti sekarang ini adalah hari yang spesial bagi seluruh rakyat indonesia, karena pada hari ini tepatnya tepatnya dimasa yang lalu indonesia bebas dari pada para penjajah yang telah memperbudak rakyat indonesia. Dalam sejarah yang begitu panjang dan penuh dengan perjuangan serta pengorbanan. Untuk itu sudah sewajarnyalah apabila ketika kita semua memperingati Hari bersejarah tersebut setiap tahunnya patutlah menggunakan kalimat-kalimat pidato yang sesuai dengan makna hari bersejarah tersebut. Nah sobat, berikut ini adalah Contoh Pidato Hari Kemerdekaan HUT RI dalam memperingati hari 17 agustus.

Assalamualaikum wr.wb.

Pertama yang jangan pernah terlupakan walau hanya sebentar yaitu bersyukur kepad Allah SWT karena diamasih memberi banyak nikmat kepada kita termasuk kemerdekan yang sedang kita rayakan saat ini. Selain itu hal yang tak bosan – bosannya kita lakukan yaitu bershalawat kepada nebi besar Muhammad SAW

Pada kesematan kali ini marilah kita mengenang bagaimana perjuangan para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan tanpa ada rasa takut akan mati. Dengan mengenang bagaimana perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan dahulu kita menjadi sadar bahwa tanggung jawab kita sekarang adalah mempertahankan kemerdekaan yang telah mereka perjuangkan. Seperti yang kita ketahui di zaman yang seperti sekarang ini pasti sduah jarangsekali yang namanya penjajahan decara fisik. Tapi sebenarnya Negara kita sedang dijajah oleh Negara lain. Misalnya saja para pemuda yang berbusana kurang baik Karena mengikuti budaya barat. Untuk itu mari kita pertahankan kemerdekaan ini tidak hanya dari segi fisik, misalnya saja dengan memberika pengetahuan tentang agama yang lebih kepada generasi muda kita.

Pada 17 Agustus 1945 tepatnya 63 tahun yang lalu pada pukul 10.00 WIB pendeklarasian kemerdekaan Republik Indonesia secara resmi diproklamasikan. Hal ini menandakan bahwa seluruh rakyt Indonesia menyatakan bahwa kami telah merdeka dan sudah tidak terikat dengan penjajahan Negara lain.

17 Agustus, seluruh rakyat Indonesia selalu memperingati kemerdekaan, dengan sangat menyenangkan. Ada banyak sekali kegiatan yang dilakukan pada hari itu, misalnya mengadaka lomba, seperti Panjat Pinang dll. Dan hal yang paling utama adalah pada setiapa tanggal 17 agustus seluruh instansi mengikuti upcara bendera yang dipimpin oleh seorang yang yang menjadi orang terhorat disuatu daerah lembaga dan sebgainya. Misalnya saja di Istana Merdeka, disana Presiden RI langsung yang menjadi pemimpinj upacara.

Mari kita coba merenungkan pernyataan yang telah dilontarkan oleh presiden pertama kita yaitu Ir Soekarno yang pernyataannya bermakna:

“Berikan aku arang tua 1000 orang, maka akan kucabut gunung semeru dari akarnya, dan berikan aku 1 pemuda, maka akan kuguncangkan dunia”.

“Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”

“Jadikanlah deritaku saat ini sebagai kesaksian, kalau berkuasanya seorang presiden hanya sementara, karena Kekuasan yang langgeng adalah kekuasan rakyat. kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.”

“Apabila rasa malu di dalam diri seseoran untuk berbuat suatu kebaikan masih ada, maka tidak akan bertemu dengan kemajuan adalah hasil yang akan dia panenen.

“Menghormati jasa para pahlawannya adalah ciri – ciri Negara yang besar.”
“Jangan pernah mengira bahwa jasa kita sudah cukup dengan segi tiga warna. Selama digubuk – gubk pekerjaan kita selesai! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat.”

Marilah kita mencba merenungkan apa yang telah disampaikan oleh bapak presiden pertama kita itu. Sekian yang bisa saya sampaikan, wassalamualaikum warahmutulohi wabarakatuh

Demikianlah Contoh Pidato Hari Kemerdekaan HUT RI, semoga dapat bermanfaat dan dimanfaatkan dengan baik untuk kepentingan sobat-sobat semuanya.