Contoh Ceramah Tentang Perintah Berkerudung Bagi Wanta Muslim

Wanita muslimah adalah wanita mulia yang keberadaannya menjadi perhiasan mahal yang tidak boleh di perlihatkan orang selain kepada muhrimnya. Berkerudung adalah salah satu cara menjaga kemuliaan perempuan. Lalu apa itu kerudung menurut Islam? Agaknya kita sebagai wanita muslimah harus lebih banyak mengetahui hal-ikhwal tentang bagaimana menjaga kehormatan diri. Kerudung adalah salah satu cara untuk menjaga kehormatan diri, lebih lengkapnya simak contoh ceramah untuk kaum muslimah berikut !

Assalamualaikum wr. wb

Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua

Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini
Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

Teman-teman muslimah yang saya hormati,

Izinkanlah saya pada kesempatan ini untuk menyampaikan sedikit bahasan tentang perintah berkerudung bagi kaum muslimah. Kaum muslimah diwajibkan berkerudung dan dilarang membuka kepala serta dadanya pada orang-orang yang bukan muhrimnya. Hai ini juga berarti dilarang menampakkan rambut, telinga serta lehernya di hadapan mereka.

Hal ini didasarkan pada firman Allah yang terdapat dalam QS, An-Nur ayat 31:
 وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ
Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya…. (QS. An-Nur [24]: 31)

Perintah berkerudung dengan menjuntaikannya sampai ke dada adaiah demi sempurnanya apa yang dilakukan oleh para wanita saat menutupi perhiasannya. Hal ini menunjukkan bahwa perhiasan yang haram ditampakkan memang mencakup seluruh badan.
Kerudung ialah kain yang dipakai untuk menutup kepala yang menjuntai sampai menutupi dada sehingga tidak ada bagian kepala dan dada, termasuk rambut, yang terlihat sedikit pun. Kerudung semacam ini diperintahkan untuk dikenakan dari atas kepala menjuntai sampai menutupi dada kaum wanita agar mereka menutupi apa yang ada di baliknya, yaitu dada dan perhiasannya.

Hai ini supaya mereka bisa menyelisihi tren gaya kaum wanita masa jahiliyah yang mana mereka tidak menutup kepala dan leher serta dadanya. Malahan wanita jahiliyah itu biasa berjalan di antara laki-laki dalam keadaan dadanya terbuka dan tidak menutupinya sedikit pun sehingga terlihatiah leher, ujung rambut serta anting-anting yang ada di kupingnya. Oleh sebab itulah Alloh عزّوجلّ memerintahkan kaum mukminat agar menutupinya sesuai bentuk serta keadaannya yang sempurna.

Teman-teman muslimah yang saya hormati

Marilah kita bersama-sama belajar untuk menjaga kehormatan diri dengan berkerudung. Islam menghendaki wanita muslim agar menjadi seseorang yang mulia dengan menjaga kehormatannya. Sekali-kali bukanlah untuk membatsai gerak dan aktivitas muslimah melainkan untuk memuliakannya. Untuk itu, marilah kita bersama-sama belajar untuk menjaga hati dan aurat dengan berkerudung secara sempurna.

 Mungkin cukup sekian sedikit ceramah dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf dan terima kasih. Semoga ilmu yang disampaikan bermanfaat dan berkah.

Wassalam Wr. Wb