5 Tips yang Bisa Digunakan Agar Mendapatkan Pekerjaan yang Diinginkan

 Bagi beberapa orang, mencari pekerjaan menjadi suatu hal yang menakutkan. Hal ini salah satunya bisa dilantari karena kurangnya kesadaran perubahan karier. 

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk bisa membangun kesadaran diri akan perubahan karier. Hal ini bisa membantu kamu untuk mengetahui bagaimana cara menemukan pekerjaan yang diinginkan. 

Nah, berikut merupakan beberapa tips spesifik untuk bisa menemukan pekerjaan yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. 

5 Tips Untuk Mendapatkan Pekerjaan yang Diinginkan


  1. Membuat Inventaris Diri

Inventaris diri berarti melakukan komitmen terhadap tujuan profesional, pribadi maupun keuangan. Poin ini akan membantu kamu untuk bisa mengidentifikasi apa yang diinginkan dari peran masa depan yang tidak didapatkan dari peran saat ini. 

Ada baiknya menulis profil pekerjaan yang ideal bagi diri sendiri untuk membantu mendapatkan kejelasan mengenai apa yang kamu cari dalam peluang kerja. 

Pastikan untuk selalu bersikap transparan mengenai apa yang diinginkan. Profil pekerjaan harus mencantumkan posisi, misi perusahaan dan mengapa kamu paling cocok untuk posisi tersebut. Harus ada keseimbangan jelas antara memahami peran dan belajar tentang perusahaan. 

  1. Perbarui Profil di Linkedin dan Jaringan Digital Lainnya

Hal yang sama juga perlu kamu lakukan terhadap deskripsi profil di Linkedin dan berbagai jaringan digital lainnya. Pastikan membuat profil selaras dengan pekerjaan yang ingin didapat. Jangan lupa tunjukkan bagaimana kamu menggunakan keterampilan yang sudah diperoleh pada pekerjaan sebelumnya. 

  1. Jadilah Pembelajar

Mampu menjadi seorang pembelajar seumur hidup merupakan salah satu keterampilan hebat yang diterjemahkan langsung ke tempat kerja. Ketika mempelajari tentang perusahaan tempat bekerja penting untuk mengetahui ke mana arah dan tujuan karier tersebut. 

  1. Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri

Penting bagi kamu untuk mencari tahu kelebihan dan kekuatan apa yang dimiliki. Jika sudah mengetahui tentang dua hal tersebut maka pikirkan mengenai passion dan sambungkan semua hal tersebut dengan karier yang akan kamu tapaki. 

Kamu bisa mencobanya dengan menggambar sebuah lingkaran yang mampu menghubungkan antara aktivitas yang disukai dengan hal yang ingin dilakukan serta posisi yang diinginkan. Lingkaran tersebut mampu membantu kamu untuk bisa menemukan solusi atas kebingungan yang sedang dihadapi. 

  1. Jangan Takut Mengambil Keputusan

Salah satu hal yang paling banyak ditakutkan orang dalam hidup adalah memilih jalan hidup, termasuk pekerjaan. Tanpa disadari, pengalaman juga akan menuntunmu pada sebuah kesuksesan. Oleh sebab itu, jangan pernah takut untuk mengambil keputusan, sebab pengalaman merupakan pelajaran hidup yang paling berharga. 

Melalui pengalaman tersebut kamu bisa belajar dari kesalahan untuk bisa menentukan pekerjaan lain yang lebih baik. Jika perlengkapan pekerjaan saat ini tidak sesuai dengan minat padahal bisa jadi hal ini akan membawa kamu pada pekerjaan yang lebih disukai.

Tanpa disadari ternyata mencari pekerjaan yang benar-benar diinginkan juga harus mempertimbangkan beberapa aspek. Terlebih lagi mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan merupakan salah satu hal yang cukup membingungkan dan penuh kecemasan. Kamu bisa menerapkan beberapa tips di atas untuk mengatasi hal tersebut.

Sebagai referensi lain untuk menjawab kebingungan kamu, HHRMA Bali hadir dengan berbagai info loker yang siap membantumu.