Ciri Fisik Khas yang Dimiliki Oleh Burung Kepodang Emas

Burung kicau yang ternyata juga merupakan maskot di Jawa Tengah ini memiliki karakteristik yang menarik. Apa saja ciri fisik khas yang dimiliki oleh burung kepodang emas

Nah, mari kita bahas mengenai jenis burung yang satu ini. 

Ciri Fisik Kepodang Emas


Kepodang emas memiliki nama latin Oriolus Chinensis, burung yang satu ini juga sering disebut sebagai burung pesolek di antara burung pesolek yang lainnya seperti yang disadur dari kacer.co.id.

  1. Warna Burung Dominan Keemasan

Penamaan “emas” pada burung ini tentu saja karena warnanya yang kuning terang dan cerah seperti emas dan membuat tampilan burung kepodang emas mencuri perhatian siapa saja yang melihatnya. Umumnya semakin cantik, harga burung kepodang semakin mahal apalagi jika kicauannya bagus.

Namun, bulu-bulu yang ada di sekujur tubuhnya tidak hanya berwarna kuning saja namun ada juga campuran warna lain yang menyertainya. Seperti pada bagian hitam yang umumnya ada pada bagian kepala, sayap, dan juga ekornya.

  1. Paruh Orange/Merah Muda

Ciri fisik lainnya yang dimiliki burung ini terletak pada paruhnya yang berwarna orange atau merah muda. Ini jelas menunjang penampilan jenis burung kepodang emas. Jenis paruh seperti ini dianggap tidak biasa karena warnanya unik dan berbeda daripada yang lainnya. 

  1. Ukuran Fisik

Ciri fisik yang terakhir terletak pada ukurannya. Ukuranya tergolong sedang. Tidak besar dan juga tidak kecil. Panjang badan dari kepala hingga paruh kira-kira memiliki ukuran 25 cm saja.

Setelah mengetahui apa saja ciri fisik khas yang dimiliki oleh burung bersuara merdu ini, mari ketahui apa saja fakta – fakta unik mengenai burung kepodang emas. Kira-kira apa sajakah itu? Ini dia ulasannya.

Fakta Burung Kepodang Emas

  1. Burung Kepodang Tiga Kali Berganti Warna

Faktanya, burung kepodang yang masih muda tidak serta merta memiliki warna seperti sebagaimana mestinya. Ini semua bisa terjadi dikarenakan burung yang satu ini mengalami perubahan warna sebanyak 3 kali. 

  1. Menyimpan Mitos Bagi Ibu Hamil

Sudah tidak bisa dimungkiri lagi jika burung yang satu ini memiliki bulu yang indah. Maka dari itu banyak orang yang beranggapan bagi ibu hamil yang memakan daging dari burung kepodang emas nantinya akan memiliki anak yang tampan dan juga cantik. Namun tentu saja ini adalah mitos belaka. 

  1. Simbol Kejayaan dan Kemakmuran

Kepodang Emas sering dipelihara karena wujudnya yang cantik, namun siapa sangka jika ternyata burung yang satu ini memiliki simbol kejayaan dan juga kemakmuran? Burung yang satu ini dipercaya oleh masyarakat Jawa sebagai lambang keselarasan, kekompakan, dan juga budi pekerti. Zaman dahulu, burung yang satu ini dimiliki oleh pembesar-pembesar Jawa.

Nah itulah serba-serbi mengenai burung kepodang emas yang harus Anda ketahui. Jadi, bagaimana, siap untuk memeliharanya? Pastikan untuk memahami perawatan burung kepodang sebelum memeliharanya ya!