Berlibur di Desa Penglipuran Bali? Ini Menariknya!

Selain wisata alam yang begitu memukau hati, Pulau Bali juga memiliki wisata yang menyajikan budaya khas Bali yang sangat menarik. Seperti yang ada di Desa Penglipuran misalnya. Jika Anda ingin berlibur ke Pulau Bali untuk menyaksikan dan menikmati seperti apa nuansa Bali, sangat wajib datang ke desa ini. Untuk anda yang ingin berwisata secara nyaman memakai mobil anda bisa gunakan sewa mobil di bali yang banyak tersedia.

Apa saja yang menjadi daya tariknya? Tentu saja banyak, setiap hal yang ada di desa ini sangatlah mencerminkan kehidupan yang ada di Bali. Anda bisa menyimaknya pada ulasan berikut ini!

Keunikan Khas Desa Penglipuran Bali

  1. Desa Terbersih di Dunia

Hal pertama yang menjadi keunikan dan membuat desa ini menarik ialah karena Penglipuran telah dinobatkan sebagai salah satu dari 3 desa terbersih yang ada di dunia. Penobatan Kalpataru ini diberikan pada tahun 2017 lalu. Dan saat ini Penglipuran sudah menjadi Sustainable Top 100 versi Green Destinations Foundation.

Saat awal Anda memasuki desa, akan langsung disambut oleh tanaman hijau yang berderet memanjang. Udara yang begitu sejuk dan segar sangat nikmat didampingi oleh pagar tanaman yang menghiasi seluruh desa. Anda tidak boleh menggunakan kendaraan bermotor ketika memasuki desa ini. Hanya boleh berjalan kaki saja. Agar udara di sekitar desa tidak tercemar oleh polusi.

  1. Konsep Tri Mandala Sebagai Tata Ruang Desa

Selain dinobatkan sebagai desa terbersih, Penglipuran juga merupakan desa adat yang menjunjung tinggi nilai leluhur. Maka dari itu tata ruang desa ini dibuat dengan mengusung patokan adat yang ada sejak jaman dahulu. Tri Mandala atau pembagian wilayah menjadi Utama Mandala, Madya Mandala, dan Nista Mandala adalah konsep yang diusung tersebut.

Di sisi utara ada wilayah Utama Mandala sebagai tempat suci para dewa, serta sebagai tempat peribadatan. Di bagian tengah adalah Madya Mandala yang mana merupakan pemukiman penduduk. Rumah – rumah dibangun berbanjar sepanjang jalanan utama. Dan terakhir di bagian selatan adalah Nista Mandala atau tempat pemakanan penduduk.

Selain kedua hal di atas, Anda juga bisa menikmati indah dan asrinya hutan bambu yang dianggap sebagai wilayah pelindung desa. Anda juga akan menemukan berbagai macam ritual keagamaan yang dilakukan secara terus – menerus di pura leluhur Penglipuran.

Untuk kamu yang memerlukan akomodasi perjalanan untuk keluarga, anda dapat menggunakan jasa sewa mobil bali lepas kunci terpercaya di Bali untuk liburan keluarga yang bebas dan nyaman.

Untuk mengisi perut, Anda bisa mencicipi kuliner khas Desa Penglipuran, Loloh Cemcem dan Tipat Cantok yang sangat nikmat. Apalagi jika disambi dengan menyaksikan Penglipuran Village Festival, sudah jelas akan jauh lebih menyenangkan!