Cara Membuat Efek Bokeh pada Foto melalui PhotoShop

Foto bokeh adalah foto di mana focus hanya mengenai objek saja, sementara latar atau bagian lainnya out of focus alias blur. Foto bokeh akan terkesan lebih indah dan aesthetic dengan pengambilan angle yang tepat. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari teknik fotografi  atau aplikasi editor melalui gentlemencode.

Pada dasarnya bokeh berasal dari bahasa Jepang “boke” yang berarti blur atau kabur. Lalu bagaimana cara membuat efek bokeh pada foto? Berikut informasi lengkapnya!

Cara Membuat Efek Bokeh pada Foto Melalui Photoshop

Foto bokeh dapat dibuat dengan dua cara, yang pertama adalah foto bokeh langsung dari settingan kamera serta teknik pengambilan gambar. Kemudian foto bokeh juga bisa dibuat dengan cara mengedit foto menggunakan aplikasi tambahan photo editor.

Salah satu software editor photo yang terbaik dan paling umum digunakan adalah Adobe Photoshop. Hal ini bukan tanpa alasan, Photoshop memiliki tampilan yang sederhana, fitur lengkap dan mudah dimengerti. Nah, berikut ini cara membuat efek bokeh pada foto dengan Photoshop, yaitu:

1. Pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah menginstal Aplikasi Adobe Photoshop pada PC atau laptop. Jika sudah, jalankan aplikasi tersebut.

2. Pilih salah satu foto yang ingin Anda buat efek bokeh dan masukkan kedalam aplikasi dengan cara drag dan lepas pada jendela aplikasi.

3. Setelah itu, duplikasi layer background dengan cara tekan tombol keyboard kombinasi Ctrl + J. sekarang layer sudah menjadi 2 (background dan layer 1).

4. Kemudian seleksi objek dengan cara klik Quick Selection Tool lalu klik Select Subject ada Option Bar tersebut.

5. Jika sudah, kini saatnya menambahkan efek blur dengan cara klik filter → Blur → Gaussian blur dan sesuaikan efek blur sesuai keinginan.

6. Aktifkan brush tool pada Toolbar yang ada di sebelah kiri layar lalu klik F5. Jika jendela BRUSHES telah terbuka, klik size brush 60 dan atur spacing brush menjadi 95%.

7. Ceklist shape dynamic dan juga scattering, lalu atur menjadi:

Shape dynamic :

● Size Jitter → 43%

● Minimum Diameter → 22%

● Angle Jitter → 14%

Scattering:

● Scatter → 507%

● Count → 6

● Count Jitter → 4%

8. Klik Color Dynamic dan Other Dynamics jika menginginkan efek bokeh berwarna-warni.

9. Setelah selesai melakukan pengaturan brush, sekarang buat layer baru (Ctrl + Shift + N) lalu atur set blending menjadi Color Dodge.

10. Klik tombol [ untuk mengecilkan size brush, kemudian sapukan brush ke bagian-bagian sekitar objek.

11. Nah, efek bokeh telah berhasil Anda buat. Klik Save As untuk menyimpan file.

Cara membuat efek bokeh pada foto melalui Adobe Photoshop sebenarnya cukup mudah dan terasa menyenangkan setelah melihat hasil foto bokeh yang dihasilkan. Kini foto Anda menjadi lebih indah dan aesthetic bukan?