Kemudahan Aplikasi Data Karyawan Berbasis Web Dibandingkan Pengelolaan Manual

Mempunyai data karyawan yang lengkap merupakan langkah awal untuk mengoptimalkan pengembangan sumber daya manusia. Database karyawan merupakan dasar dari keputusan dan kebijakan antara karyawan dengan perusahaan.

Banyak perusahaan yang tidak menyusun database karyawannya dengan rapi bahkan hilang. Berbagai alasan yang dilontarkan, biasanya karena data yang tertumpuk, tidak memiliki cadangan informasi, ataupun terjadi force majeur seperti kebanjiran atau kebakaran.

Semakin majunya teknologi, semakin banyak hal yang membantu manusia, salah satunya aplikasi data karyawan berbasis web.

Aplikasi data karyawan berbasis web sangat memudahkan terutama untuk tim HR dalam mengorganisir data karyawan yang sangat banyak.

Apa saja kemudahan yang ditawarkan? Mari kita simak bersama!

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Data Karyawan berbasis Web

Mendata karyawan secara manual pastinya sangat merepotkan. Belum lagi jika harus memperbaharui data terbaru, belum tentu data yang lama masih ada. Oleh karena itu, kelebihan yang akan Anda rasakan jika merubah sistem manual ke basis web yaitu :

1.      Menyimpan biodata karyawan dengan rapi

Menyimpan biodata karyawan merupakan hal dasar yang wajib sebuah perusahaan lakukan. Karyawan bukan hanya sekedar orang yang membantu menjalankan perusahaan, namun karyawan juga keluarga yang seharusnya saling kenal satu sama lain.

Dengan beralih menggunakan aplikasi data karyawan berbasis web, akan memudahkan Anda untuk menyimpan informasi umum seperti nama lengkap, tanggal lahir, alamat lengkap, skill yang dipunya, dan lain sebagainya.

2.      Merekam absensi karyawan dengan akurat

Dengan merubah sistem data karyawan berbasis web, akan mempermudah tim HR untuk merekam absensi karyawan tanpa ada kecurangan. Attendance software menggunakan fitur pendeteksi wajah atau jari serta menunjukkan real time, membuat tim HR akan mudah untuk merekap datanya terutama untuk payroll.

Dengan begitu, karyawan pun merasa adil karena keakuratannya yang terjamin sehingga tidak terjadi pemotongan gaji karena kelalaian teknis dan tim HR juga tak perlu repot dalam mengumpulkan data.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Absensi Karyawan Terbaik Saat ini

3.      Mengemas data kegiatan karyawan dengan teratur

Karyawan yang sudah bekerja keras sepatutnya di apresiasi untuk pencapaiannya. Namun bagaimana merekam bukti pencapaian? Dalam aplikasi data karyawan, Anda dapat melihat dengan jelas apa saja hal yang telah dikerjakan oleh karyawan Anda. Karena semua data, terekam dengan jelas sehingga tidak ada yang ditutupi.

Misalnya, karyawan Anda telah menang tender atau sering telat datang atau terlalu banyak izin atau sepuluh kali di rawat inap di rumah sakit. Ini semua terekam dengan jelas dalam satu aplikasi.

Kesimpulan

Dengan banyaknya benefit yang dirasakan, nampaknya bukan alasan untuk beralih ke aplikasi data karyawan berbasis web. Lebih ringkas dan akurat akan hasilnya data, sehingga karyawan merasa dihargai dan tim HR pun senang dengan data yang rapi. Mari beralih ke berbasis web dan selamat tinggal masa lalu!