Beberapa Bisnis di Bidang Pertanian yang Memiliki Keuntungan Besar

Mengingat tidak membutuhkan banyak modal untuk memulai usaha pertanian, kini menjadi usaha yang sangat diminati banyak orang. Tidak hanya di pedesaan tetapi juga di kota-kota modern, petani modern hidup di kota-kota besar. Saat ini, standar pertanian tidak membutuhkan area yang luas. Karena dalam praktiknya, banyak inovasi teknologi telah dimanfaatkan di bidang pertanian. Teman – teman  bisa menjadi petani pemula hanya dalam beberapa meter lahan. Jika dulu pertanian selalu sama dengan di tempat yang panas, kotor dan bau, namun sekarang perdagangan di bidang pertanian telah banyak mengalami perubahan. Misalnya istilah hortikultura, terrier, dan hidroponik merupakan contoh praktis dari metode pertanian modern yang tidak membutuhkan banyak lahan. 

Ada banyak alasan mengapa seseorang terlibat dalam pertanian. Selain meminta modal yang banyak, teman – teman  juga bisa mendapatkan keuntungan yang sangat bermanfaat sebagai seorang pengelola bisnis. Pertanian tidak selalu tentang menanam padi di sawah. Berikut adalah contoh peluang usaha pertanian yang menguntungkan.

  1. Membudidayakan Tanaman Hias

Tidak hanya memenuhi kebutuhan pokok, usaha pertanian kerap dikaitkan dengan tanaman hias. Koleksi tanaman hias banyak dilakukan oleh kaum wanita untuk menciptakan lingkungan rumah yang sejuk, anggun dan asri. Untuk menjalankan bisnis ini, teman - teman harus selalu mengikuti perkembangan pasar. Saat teman – teman baru pertama kali terjun dalam bisnis jual tanaman hias, disarankan untuk memilih jenis tanaman yang banyak diminati oleh masyarakat.

  1. Membuat Bisnis Tanaman Hidroponik

Pencarian lahan sangat sulit, dan sistem hidroponik merupakan solusi untuk lahan pertanian yang terbatas. Ini mencakup konsep pertanian dengan menggunakan media air hidroponik, terutama di kota-kota besar di mana erosi tanah menjadi masalah. Tidak semua orang bisa bercocok tanam dengan metode hidroponik. Namun, upaya ini dapat dilakukan dengan mudah. Teman – teman  bisa menggunakan botol, gelas, atau botol plastik yang telah digunakan sebagai media penyimpanan. Saat ini ada yang menjual paket usaha hidroponik dengan instruksi.

  1. Bisnis Berjualan Pupuk

Menjual pupuk tidak pernah menjadi peluang bisnis kosong bagi konsumen. Permintaan pupuk selalu tinggi baik di perkotaan maupun pedesaan. Selain itu, saat musim tanam, toko pupuk akan digerebek oleh petani yang akan mulai bertani. Pupuk tidak hanya digunakan untuk menyuburkan tanaman padi, tetapi juga buah dan sayur. Hampir semua tanaman sekarang membutuhkan pupuk, termasuk tanaman hias. Tak hanya pupuk, berbagai jenis vitamin juga digemari.

  1. Membuka Bisnis Tanaman Rempah

Selama ini, hanya sedikit yang memanfaatkan kesempatan untuk membudidayakan bumbu dan rempah-rempah. Jadi kamu bisa mulai dulu. Jamu dan rempah memiliki pasarnya sendiri, karena diolah menjadi pengobatan alternatif atau herbal.Tanaman ini mudah dijual dan dipasarkan, apalagi jika teman – teman  sudah mengetahui pasarnya. Tanaman seperti jahe, kantung empedu, kayu manis, dan jeruk purut stabil dan banyak diminati di pasar tradisional.Jika lebih diperhatikan, peluang bisnis di bidang ini lebih kecil risikonya dibandingkan dengan menanam sayur mayur atau buah-buahan. Manfaatnya pun tidak sedikit.

  1. Menjual Sayuran dan Buahan Organik

Pertanian sayuran dan buah-buahan organik termasuk dalam kelompok usaha modal kecil. Ini karena teman – teman  tidak perlu membeli alat pertanian khusus, seperti pestisida atau pupuk buatan. Sayuran dan buah-buahan organik juga banyak diminati di pasar. Harga sayuran selalu lebih tinggi dari biasanya. Sayur dan buah-buahan yang mereka jual sangat digemari karena ingin terbebas dari hama. Apalagi jika menawarkan produk yang lebih segar dan lebih murah dibandingkan yang dijual di pasar atau supermarket. Ini juga menguntungkan pelanggan karena mereka tidak punya waktu untuk melakukan perjalanan langsung dari sistem pengiriman rumah ke penjual.

Itu dia contoh usaha yang bisa dilakukan dan menguntungkan menurut Sudutgaji.com