Cara Main Game Android dengan Stik PS

Bermain game adalah hal yang sangat menyenangkan. Bermain game bisa dilakukan dimana saja, PS, PC, atau android. Belakangan ini aplikasi yang terkait game android memang yang paling digandrungi karena hanya perlu mendownload, menginstal, dan memainkannya jadi bisa dimainkan dimana saja.

Namun, ada kalanya merasa kurang nyaman saat bermain game dengan mengusap layar sentuh android. Jika Anda merasa demikian bisa coba menggunakan stik. Bagaimana cara main game android dengan stik? Artikel ini akan membahasnya.

Anda ingin menggunakan stik Play Station untuk bermain game android? Tidak perlu binggung, ada cara yang bisa Anda lakukan. Di bawah ini akan ada pembahasan mengenai cara main game android dengan stik. Tinggal ikuti langkah-langkah yang akan diberikan. Langsung saja.

Ikuti langkah-langkah yang dituliskan di bawah ini. Anda harus melakukan persiapannya terlebih dahulu. Antara lain, Anda harus punya ponsel android yang mendukung OTG. Coba cek dulu perangkat Anda, di Google misalnya. Siapkan lah stik PC atau Play Station 2, kabel OTG, konverter stik PS 2 untuk dihubungkan ke USB, dan aplikasi atau software USB atau BT Joycenter. Setelah semua persiapannya siap, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara main game dengan stik ps

  1. Download aplikasi USB / BT Joycenter dan instal
  2. Colokan stik PS 2 atau PC Anda ke ponsel android Anda, tapi sebelumnya colokan dulu pada konverter OTG
  3. Masuklah ke aplikasi USB / BT Joycenter dan tekan lah on IME
  4. Klik search drive yang Anda gunakan, baik stik PS atau PC lalu klik. Nanti akan muncul mapping key
  5. Minimaliskan pilihan itu lalu mainkan game Anda lewat fpse/epsxe, atau ppsspp. 

Selesai sudah cara main game android dengan stik yang pertama ini. Namun, perlu Anda tahu bahwa stik PS tidak bisa digunakan untuk bermain game apk di android. Hanya bisa untuk game emulator yang bisa menggunakan mapping key manual.

Cara selanjutnya bisa digunakan pada android yang sudah di-root. Siapkan dulu ponsel yang sudah di-root, download aplikasi bernama Sixaxis Controller, stik PS 3 dan kabel data untuk stik P3. Kemudian ini dia langkah-langkahnya.

  1. Instal sixaxis controller lalu colok kabel data ps3 ke ponsel android Anda. Tandanya sudah tersambung adalah stik yang Anda colok akan menyala.
  2. Masuklah ke aplikasi sixaxis tadi.
  3. Klik pair lalu ok.
  4. Stik sudah mulai bisa digunakan jika muncul tulisan master address updated.
  5. Lepaskan kabel data tadi lalu pada aplikasi sixaxis tekan start dan tombol yang memiliki lambang P di stik.
  6. Nanti akan ada tulisan connected. Itu tandanya proses instalasi berhasil dan Anda bisa bermain dengan menggunakan stik di androis.

Binggung dimana membeli stik PS? Tenang saja, ada banyak yang menjualnya. Di toko online juga ada banyak. Beberapa rekomendasi stik atau controller untuk bermain game android ada Moga Pro, dan  Ipega PG 9021.

Demikianlah pembahasan mengenai cara main game android dengan stik dan dua buah rekomendasi stik yang bisa Anda pilih. Semoga yang dibahas di sini bermaanfaat untuk Anda.