Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

31 May 2017

Khutbah Jum'at Tentang Berdoa Adalah Otaknya Ibadah

إنَّ الـحَمْدَ لِلّهِ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا
يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا أَمَّا بَعْدُ

Jama'ah jum'at yang dimuliakan Allah

Takutlah kalian kepada Allah dan ketahuilah bahwa berdua mempunyai nilai terbaik di sisi Allah dan merupakan rahasia yang agung di sisi-Nya, karena puncak ibadah, tonggak ruh agama dan sarana terdekat untuk sampai kepada Allah adalah do'a. Karena dalam berdo'a seorang merasa bahwa dirinya miskin, lemah, tidak berdaya di hadapan Allah sang khaliq. Karena itu, Allah menyukai orang-orang yang suka berdo'a kepada-Nya, khususnya di sepertiga malam yang terakhir.

Dianjurkan berdo'a sungguh-sungguh ketika seseorang sedang menghadapi kesulitan, seperti yang dicontohkan Rasulullah saw. ketika beliau saw menghadapi tantangan yang sangat keras dari orang-orang thaif, maka beliau saw duduk dibawah pohon sambil mengangkat kepalanya ke atas dan berdo'a dengan khusyu:

"Ya Alah, aku mengadu kepada-Mu lemahnya kekuatanku, kurangnya usahaku dan kehinaanku di hadapan manusia, wahai Tuhan yang maha pengasih dan penyayang. Engkau adalah Tuhan bagi orang-orang yang tertindas, engkau adalah Tuhanku, kepada siapa Engkau akan menyerahkan aku, apakah engkau akan menyerahkan aku kepada orang jauh yang memusuhi aku atau kepada musuh yang engkau bagi kewenangan untuk mengalahkan aku. Jika engkau tidak murka kepadaku, maka aku tidak peduli apapun yang terjadi, tetapi ampunan-Mu sangat luas bagiku. Aku berlindung dengan cahaya wajah-Mu yang dapat menerangi segala macam kegelapan dan dapat memperbaiki segala urusan di dunia dan di akhirat dari murka-Mu atau kebencian-Mu kepadaku. Hanya kepada-Mu aku mengadu sampai Engkau Ridha kepadaku dan tidak ada daya dan kekuatan, kecuali atas kehendak-Mu.

Demikian juga ketika kaum Quraisy tiba di bukit bandar, maka Rasulullah saw mengangkat kedua tangannya ke langit dan berdo'a sungguh-sungguh sampai Allah mengutus para malaikat untuk membantu tentara beliau saw sampai menang.

Adapun do'a yang dibaca oleh beliau saw adalah:
يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ

"Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmatmu aku minta pertolongan"

Beliau saw menganjurkan umatnya memperbanyak Do'a Nabi Yunus as ketika ia di dalam perut ikan:

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Artinya : “Tidak ada Tuhan yang sebenarnya disembah melainkan engkau, ya Allah. Maha Suci engkau, sesungguhnya aku adalah dari orang yang membuat zalim.” (QS Al-Anbiya’ : 87)

Sabda beliau saw:
"Tidaklah seorang muslim mengucapkan doa tersebut ketika menghadapi suatu kesulitan, melainkan Allah akan mengabulkan do'anya"

Rasulullah saw menganjurkan umatnya suka berdo'a karena hanya do'a yang dapat mengantar seorang hanya ke hadapan Tuhannya. Dan do'a berguna ketika menghadapi kesulitan maupun dalam keadaan aman.

Nabi saw bersabda:
"Sesungguhnya cobaan akan turun dari langit, kemudian do'a menghalanginya, sehingga keduanya saling berdesakan hingga hari kiamat tiba".

Di lain kesempatan, Nabi saw bersabda:
"Tidak ada yang dapat menolak takdir Allah kecuali Do'a"

Karena itu Allah menyuruh kami suka berdo'a dengan rendah hati dan suara yang pelan, seperti yang disebutkan dalam firman Allah berikut:

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ

Artinya: Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. (QS. Al A'raaf: 55)

Sungguh sangat beruntung seorang yang diberi kesempatan suka berdo'a, terutama di dalam kegelapan malam ketika ia menyeru Tuhannya dengan ucapan:

"Ya Allah, aku telah menganiaya diriku dengan perbuatan aniaya yang banyak. Dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa, kecuali engkau. Maka ampunilah aku dengan ampunan dari sisi-Mu. Berilah rahmat kepadaku, sesungguhnya engkau maha pengampun lagi maha penyayang. Ya allah, wahai Tuhan yang maha luas pemberian-Nya, wahai tuhan yang maha mendengar segala do'a, selamatkan aku dari segala cobaan dan ujian, lindungilah aku dari segala perbuatan keji yang lahir dan yang batin"

Jama'ah jum;at yang di muliakan Allah

Hendaknya kalian selalu bertaqwa kepada Allah dan selalu berdo'a dengan ikhlas di segala waktumu. Hendaknya kalian bertawasul kepada-Nya dengan segala keutamaan dan kebaikan-Nya yang maha luas. Mohonlah kepada Allah kebaikan, petunjuk, ketakwaan, kemudahan, kebenaran dan rahmat yang merata bagi seluruh umat islam. Lakukanlah segala amal kebajikan dan mohonlah kepada Allah dengan rendah hati, tunduk, khusyu dan bersungguh-sungguh, karena hanya Dia yang dapat mengabulkan doa siapapun yang berdo'a kepada-Nya.

Allah berfirman:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS. Al Baqarah: 186)

Tags :
Loading...
close