Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

21 March 2017

Contoh Pidato Tanggung Jawab Seorang Suami

Membahasa tentang tanggung jawab dan tugas seorang suami memang tidak bisa kita sepelekan. Apalagi seorang lelaki di takdirkan menjadi Imam Rumah Tangga dan menjadi Kapten dari perahu pernikahan. Nah, berikut ini Contoh Pidato Tanggung Jawab Suami

Assalamu'alaikum wr.wb

(Silahkan gunakan mukodimah pidato yang anda sukai)

Bapak-bapak serta para hadirin sekalian yang dimuliakan oleh Allah!

Kewajiban Suami Terhadap Istri

1. Membayar Maskawin
Membayar maskawin atau mahar bukanlah syarat wajib dari suatu perkawinan , namun mahar atau maskawin merupakan kewajiban yang harus diberikan kepada istrinya . Hal ini dijelaskan dalam QS.An- Nisa ayat 4 :

Kewajiban Suami

a.Adzan
b.Akhlak Tercela
c.Akhlakul Karimah

Dari penjelasan di atas , seorang laki – laki wajib mengeluarkan maskawin atau memberi mahar kepada isrinya dengan penuh kerelaan . Artinya , mahar yang dikeluarkan tidak ada paksaan atau keterpaksaan .

2. Meberi nafkah

Nafkah merupakan kewajiban seorang laki – laki , baik suami terhadap istrinya , ayah kepada anknya ataupun tuan terhadap budaknya . Memberi nafkah meliputi pakaian , makanan dan tempat tinggal .

Jadi , memberi nafkah adalah suatu kewajiban suami terhadap istrinya .

3. Menggauli istrinya dengan baik

Yang dimaksud dengan menggauli istrinya dengan baik yaitu seorang suami menggauli istrinya dengan penuh kasih sayang , tidak kasar , tidak zalim dan pengertian .

4. Memberikan pengertian dan mengajarkan ilmu agama terhadap istrinya

Seorang suami wajib untuk memberikan pengertian terhadap istrinya . Serta seorang suami wajib mengajarkan ilmu-ilmu agama kepada istrinya .

5. Menjaga istrinya dengan baik

Seorang suami juga wajib menjaga istrinya dengan baik dari hal – hal yang membahayakannya . Serta harus menjaga kehormatan istrinya .

6. Mendidik istri ketika melenceng dari jalan yang Allah swt tentukan

Ketika seorang istri melanggar aturan agama , atau bertingkah laku yang melenceng dari syariat . Maka suami wajib mengingatkan dan menuntunnya supaya kembali ke jalan yang benr . Bukan malah tambah di jerumuskan , atau bahkan di tinggalkan supaya sang suami lepas tanggung jawab .

7. Tidak membuka aib istri

Seorang laki – laki yang telah menjadi seorang suami , maka hedaknya tidak membeberkan aib istriya kepada siapapun walaupun itu kepadaorang tuanya . Karena ketika dua orang insan yang telah berkeluarga atau telah terjalin tali pernikahan , maka ke duanya harus saling dapat menutup rahasia dan menerima satu sama lain baik itu suami atau istri .

9. Tidak menganiyaya istri

Seorang suami , tidak boleh melakukan kekerasan kepada istrinya . Karena seorang wanita adalah mahluk yang sangat lebut . Apabila seorang istri melakukan sebuah kesalahan , jika masih bisa dibicarakan baik – baik maka ingatkan dia dan gunakan perlakuan yang penuh kasih sayang .Jangan malah menganiyaya dia tanpa ada alasan yang jelas , apalagi menganiyaya untuk meluapkan amarah.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang kewajiban suami. Wasalamualaikum wr.wb

Tags :