Pidato Tentang Dampak Penggunaan Facebook

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Pidato Tentang Dampak Penggunaan Facebook

Facebook, siapa yang tak mengenal jejaring sosial yang satu ini? Bisa dipastikan bahwa hampir seluruh penduduk bumi menggunakan media sosial yang dirilis tahun 2004 oleh Mark Zuckerberg ini. Dalam setiap hal pastinya memiliki manfaat dan mudharat begitu pun facebook. Selengkapnya pidato tentang dampak penggunaan facebook, berikut ini. Semoga Bermanfaat ! 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 Hadirin yang berbahagia

 Pada kesempatan kali ini izinkanlah saya menyampaikan pidato tentang dampak pengunaan facebook. Facebook, barang kali istilah jejaring sosial ini tidak asing lagi di telinga kita. Hampir setiap orang memiliki akun facebook dari anak-anak sampai orangtua, dari yang berusia muda hingga senja. Facebook ini menjadi salah satu akun sosial yang memiliki banyak sekali pengguna dari belahan bumi barat sampai timur. 

Jejaring sosial facebook ini begitu diminati oleh banyak orang hingga hampir seluruh penduduk dunia pasti mengenal facebook. Sejak dirilis tahun 2004, facebook ini menjadi salah satu media yang mempertemukan banyak orang entah itu sesama anggota keluarga atau bahkan pasangan hidup. Facebook pun menjadi salah satu jalan rezeki dimana banyak orang yang menyebarluaskan produk-produk bisnisnya melalui jejaring sosial ini. 

Pada awalnya keberadaan facebook hanya diperuntukan hanya untuk keperluan mahasiswa kampus di luar negeri. Facebook ini didirikan oleh Mark Zuckerberg seorang lulusan Universitas Harvard, dan alumni Ardsley High School. Pada awalnya keanggotaan facebook dibatasi hanya untuk mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya keanggotaan diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, NYU, Stanford, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk Ivy Leage. 

Kemudian banyak dari perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya mahasiswa setiap universitas dapat mengakses jejaring sosial ini. Pada tahun 2006, jejaring sosial facebook bisa diakses oleh siapapun tidak hanya terbatas pada kalangan mahasiswa. Hingga pada tahun 2007, jejaring sosial facebook mencapai peringkat ke tujuh di dunia sebagai situs yang paling sering dikunjungi. Hingga saat ini bahkan facebook terus diminati oleh orang banyak hingga penggunanya mencapai ratusan jiwa. 

Hadirin yang berbahagia 

Melalui keberadaan jejaring sosial ini tak dapat dipungkiri bahwa kita dimudahkan oleh teknologi. Jarak yang pada awalnya begitu jauh dapat diperpendek dengan kehadiran facebook ini. Facebook ini mempermudah manusia berkomunikasi dan merekatkan jalinan silaturahim. Facebook ini banyak menjadi jalan orang-orang untuk menemukan anggota keluarga atau bahkan pasangan hidup. 

Kehadiran facebook ini menjadi salah satu hal yang tampaknya harus dimiliki setiap orang. Barang kali secara sadar atau tidak sadar mereka yang tidak memiliki akun sosial ini akan di pandang kurang up to date atau kalimat lainnya yang bernada mempertanyakan kemana aja kamu. Melalui facebook ini orang dapat membagi perasaannya (curahan hati), mengupload foto, bercerita melalui tulisan atau status, catatan dan sebagainya. 

Banyak dari pengguna facebook yang berasal dari kalangan pelajar baik sekolah menengah pertama atau sekolah menengah atas yang memang telah memasuki masa remaja. Masa remaja yang merupakan masa transisi dari anak-anak menuju dewasa ini begitu rentan terhadap hal-hal negatif. Ketidakhati-hatian dalam mengelola facebook alih-alih dapat memberikan manfaat malah dapat memberikan madharat bagi para remaja. Untuk itu ada baiknya remaja dapat memahami betul cara mengelola facebook yang baik dan menghindar diri dari dampak negatif facebook. 

Hadirin yang berbahagia 

Tak dapat dipungkiri bahwa dalam setiap hal apapun di muka bumi ini pasti memiliki dua sisi kebaikan dan keburukan, positif dan negatif, manfaat dan madharat, dan lainnya. Begitu pun dengan facebook itu sendiri, keberadaannya memberikan dampak positif dan negatif. Ada beberapa dampak positif dari keberadaan facebook ini, diantaranya adalah: 

 Pertama, membuka peluang untuk mendapatkan banyak teman karena memang facebook dapat menghubungkan orang di belahan dunia manapun. Dari facebook kita dapat menemukan teman lama yang telah lama tidak bertemu atau bahkan teman baru dari beragam daerah yang berbeda.

 Kedua, mempermudah komunikasi dengan kerabat yang jauh. Jika dahulu manusia mengandalkan surat menyurat untuk bisa saling berkomunikasi maka tidak dengan hari ini. Facebook adalah media yang memudahkan manusia untuk dapat berkomunikasi satu sama lain terutama dengan kerabat keluarga. 

Ketiga, mendapatkan informasi dengan mudah. Jika dahulu informasi begitu amat mahal diperoleh maka melalui facebook ini orang dapat memperoleh beragam informasi. Dari informasi cara memasak sampai cara membuat curriculum vitae ada dalam akun sosial ini. Dengan mudah informasi dapat diperoleh melalui akun sosial ini. 

Keempat, sebagai sarana diskusi dan promosi. Diskusi atau bahkan rapat online menjadi salah satu alternatif yang sering dilakukan sebagian besar orang hari ini. Sempitnya waktu dan kesempatan untuk bertemu menjadi salah satu penyebab mengapa diskusi secara online harus dilakukan. Selain itu facebook dapat dijadikan media promosi oleh banyak orang dalam memasarkan produk-produknya. 

Ibarat dua sisi pisau yang dapat memberi manfaat dan mudharat maka selain memberikan dampak positif, facebook pun memberikan dampak negatif dalam penggunaannya. Diantaranya adalah: 

Pertama adalah bahwa banyak kasus kriminalitas dan penipuan yang difasilitasi melalui jejaring sosial ini. Kasus kriminalitas dan penipuan ini diawali dari sebah proses saling chat dalam facebook dengan orang-orang yang tidak dikenal di dunia nyata. Mereka yang tampak baik dalam dunia maya ini ternyata tidak mencerminkan hal yang sama dalam kehidupan nyata. Sehingga banyak dari kasus kriminalitas yang terjadi timbul karena kepercayaan yang salah pada orang-orang yang baru dikenal di dunia maya. 

Kedua, menyita waktu bagi pelajar. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak hal-hal yang kurang penting di lakukan dalam facebook dari mulai update status, upload foto, saling memberikan komentar dan sebagainya. Dapat dipastikan bahwa hal-hal yang kurang penting ini menyita waktu belajar terutama bagi pelajar. 

Ketiga, mematikan kepekaan sosial. Orang yang begitu serius dan fokus pada layar handphone dengan petulangannya di dunia maya tak jarang menjadi begitu abai terhadap keadaan sekeliingnya. Ia seolah-olah memiliki dinding dengan dunia nyata sehingga ketidakpekaan pun menyelimuti dirinya. 

Keempat adalah bahwa banyak dari informasi yang harus dikonsumsi oleh pribadi tapi begitu menyebar luas bahkan pada orang-orang yang tidak dikenal sekalipun. Ketidakbijakan dalam menggunakan jejaring sosial ini sering kali memangkas ruang privasi manusia. 

Hadirin yang berbahagia 

Di tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi ini saatnya kita lebih bijak dalam menggunakan jejaring sosial termasuk di dalamnya facebook. Sehingga pada akhirnya kita dapat meningkatkan peluang untuk memperoleh manfaat dan meminimalisasi mudharat nya. Saatnya untuk cerdas dan bijak menggunakan facebook dan teman-temannya. Barang kali demikianlah yang dapat saya sampaikan, kurang dan lebihnya mohon dimaklumi dan dimaafkan, Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tags :

Pidato Tentang Dampak Penggunaan Facebook