Ceramah Tentang Pentingnya Belajar Dari Masalah

Siapa yang tidak pernah mengalami masalah ? dalam kehidupan ini mustahil orang tidak pernah mengalami masalah, masalah adalah hal mutlak yang harus dimiliki manusia dalam hidup ini. Menjadi penting bagi manusia untuk dapat belajar dari masalahnya sehingga masalah yang berlalu tidak hanya menyisakan luka hati melainkan pelajaran hidup. Dengan belajar dari masalah yang dimilikinya, manusia akan menjadi lebih dewasa. Selengkapnya ceramah tentang pentingnya belajar dari masalah. 

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua. Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin

Hadirin Rahimakumullah

Pada kesempatan kali ini izinkanlah saya untuk menyampaikan sedikit tentang belajar menghadapi masalah. Tentunya kita telah mafhum bahwa dalam kehidupan tentunya akan selalu berhadapan dengan masalah. Masalah adalah hal yang mutlak harus ada dalam kehidupan manusia, tapi sering kali kita membiarkan masalah itu hanya sekedar lewat dan hanya menyisakan luka.

 Kita sering kali lupa bahwa sejatinya sebuah masalah adalah proses mendewasakan diri, masalah seharusnya membuat kita lebih memahami diri kita sendiri. Singkatnya masalah adalah media terbaik untuk belajar, baik itu belajar memahami diri kita sendiri maupun orang lain.

Saudaraku, tak jarang masalah yang menghinggapi dunia kita hanya menyisakan luka. Misalnya, kita memiliki masalah tertentu yang dengannya kita selalu murung dan sedih. Hingga masalah itu berlalu dan kita tidak mendapatkan apapun selain kesedihan. Sayang sekali jika demikian, apalah arti sebuah masalah jika dengannya kita tidak bertambah dewasa sedikitpun.

Saudaraku, belajar dari sebuah masalah dapat membuat kita lebih dewasa dan berpengalaman dalam menjalani kehidupan. Setiap hal nya memberikan arah agar kita dapat lebih banyak memahami diri kita sendiri dan orang lain. Keberanian untuk menyelesaikan masalah pun menjadi nilai positif yang tidak dapat dihiraukan. Dengannya kita tetap melangkah meskipun sebenarnya ada ketakutan yang menghinggapi diri.

Barang kali pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana agar kita mampu belajar dari masalah?

Pertama barang kali kita harus menerima masalah itu sendiri dengan hati lapang. Singkatnya kita harus berdamai dengan badai. Meskipun merasa tidak mampu dengan masalah yang menghadang tapi tentunya kita harus tahu bahwa Allah Swt lebih besar dari setiap besarnya masalah yang kita hadapi.

Kedua, setelah menerima masalah itu dengan lapang kita harus belajar untuk berpikir jernih dan tidak bertindak secara emosional. Pikiran yang jernih ini adalah sarana yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang sedang kita hadapi.
Selanjutnya adalah dengan menghadapi setiap ketakutan yang kita miliki dengan terus melangkah dan melakukan yang terbaik dalam memecahkan masalah yang kita miliki.

Saudaraku, barang kali demikianlah yang dapat saya sampaikan kurang dan lebihnya mohon dapat dimaklumi dan dimaafkan. Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh