Pidato Singkat Tentang Perintah Mengucapkan Salam Ketika Masuk Rumah

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Pidato Singkat Tentang Perintah Mengucapkan Salam Ketika Masuk Rumah

Siapa yang tak mengenal salam dalam islam, lafadnya berbunyi assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Lafadz tersebut mengandung doa dan keberkahan untuk menyebarkan pesan damai terhadap sesama manusia. Begitu pentingnya salam bahkan Rasululullah menyuruh Anas Bin Malik untuk mengucapkan salam ketika memasuki rumah. Selengkapnya, pidato singkat tentang perintah mengucapkan salam ketika masuk rumah berikut ini !

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

Hadirin Rahimakumullah

Dari Anas ra, ia berkata: ‘’Rasulullah saw bersabda: Wahai anakku, kalau kamu masuk rumah keluargamu, ucapkanlah salam karena itu menjadi berkah bagi dirimu dan seisi rumahmu.’’ (HR. Tirmidzi). Hadits tersebut menunjukan bahwa sangat penting untuk mengajari anak-anak kita agar membiasakan diri mengucap salam ketika masuk rumah. Rasulullah pun mengajarkan Anas Bin Malik agar senantiasa mengucapkan salam ketika masuk ke rumah. Karena ucapan salam megandung doa dan keberkahan untuk menyampaikan pesan damai terhadap setiap penghuni rumah.

Salam adalah tuntunan agama yang mengandung pesan kedamaian sehingga hal ini perlu diterapkan sejak dini kepada anak-anak. Salam tampaknya terlihat sebagai sesuatu yang sederhana tapi keberadaanya bermakna dalam menyebarkan pesan kedamaian.

 Tentunya hari ini kita sama-sama tahu bahwa kedamaian adalah hal yang sulit ditemukan oleh banyak orang terlepas dari seberapa kaya seseorang atau seberapa tinggi kekuasaannya. Kedamaian entah dengan Tuhan, sesama manusia atau bahkan dengan diri sendiri adalah hal yang sulit untuk ditemukan pada hari ini. Untuk itu dengan mentafakuri makna salam yang berarti semoga Allah memberikan keselamatan dan rahmat kepadamu, semoga kita dapat menjadi orang yang mendapatkan keselamatan dan rahmat dari Allah yang pada akhirnya berujung pada kedamaian entah dengan dengan Tuhan, sesama manusia atau bahkan dengan diri kita sendiri.

Hadirin Rahimakumullah

Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, kurang lebihnya mohon dapat dimaklumi dan dimaafkan.

Billahi taufiq wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pidato Singkat Tentang Perintah Mengucapkan Salam Ketika Masuk Rumah