Pidato Singkat Tentang Pentingnya Menghargai Saudara Yang Lebih Tua

Adakah disini mereka yang sering berkelahi atau membangkang terhadap saudaranya yang lebih tua? salah satu dari keramaian dalam keluarga adalah pertikaian antara adik dan kakak. Tapi jangan sampai pertikaian tersebut melahirkan kebencian yang pada akhirnya melunturkan sikap saling menghormati dan menghargai. Lalu bagaimana seharusnya kita bersikap pada orang yang lebih tua. Selengkapnya  pidato singkat tentang pentingya menghargai saudara yang lebih tua berikut ini:

 Assalamualaikum wr. wb

Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua
Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini
Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

Hadirin Rahimakumullah

 Dari Al-Kulaib Al-Juhani ra, ia pernah menjadi sahabat nabi dan ia berkata bahwa Rasulullah saw pernah bersabda: Saudara yang lebih tua adalah sebagai pengganti ayah.
Sabda rasulullah tersebut menegaskan bahwa adanya hak saudara yang lebih tua terhadap adik-adiknya. Saudara yang lebih tua berhak memperoleh perlakuan dari adik-adiknya seperti perlakuann anak terhadap ayahnya. Artinya saudara yang lebih muda harus memperlakukan dan menghormati kakaknya sebagaimana ia menghormati ayahnya.

Orang tua harus membiasakan anak-anaknya untuk menghargai dan menghormati orang-orang yang lebih tua. Apabila orang tua mendapati anaknya bersikap membangkang kepada saudaranya yang lebih tua, hendaklah ia yang menjadi orang tua menegur perilaku anaknya tersebut. Apabila sikap menghargai atau menghormati saudara yang lebih tua ditanamkan sejak kecil maka tak ayal pribadi dengan ahlak yang baik akan terbentuk.

Orang tua perlu menjadi teladan kepada anaknya dalam menghormati saudaranya yang lebih tua. Orang tua hendaknya membudayakan sikap saling menghormati dan menghargai terutamanya di lingkungan keluarga. Melalui keteladan dalam bersikap bisa dipastikan upaya untuk mengukir karakter anak akan berlangsung lebih mudah.

Hadirin rahimakumullah

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan, meskipun sedikit semoga bisa menjadi inspirasi agar kita senantiasa menghargai dan menghrmati orang lain. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan terima kasih.

Billahi taufiq walhidayah, wassalamua’laikum warahmatullahi wabarakatuh.