Ceramah Tentang Musuh dan Teman Setan

Siapa yang tak tau setan? musuh manusia nomor wahid ini paling gemar menggoda dan mmenyesatkan manusia. Lalu siapakan kawan mahluk terkutuk ini? dan siapa pula yang menjadi musuh cucu dari iblis ini? Barangkali kita harus mengetahu beberapa macam orang yang menjadi kawan dan lawan dari mahluk terkutuk ini. Selengkapnya Ceramah Tentang Musuh & Teman Setan berikut ini ! Semoga bermanfaat

Assalamualaikum wr. wb

Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua

 Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini
Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

Hadirin yang dimuliakan Allah

 Siapa yang tidak mengetahui setan? Mahluk yang selalu ingin menyesatkan manusia ini tentunya memiliki teman dan musuh. Tidak hanya dari kalangannya sendiri melainkan dari kalangan manusia.

Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa pada suatu ketika Nabi Muhammad saw didatangi oleh seorang laki-laki tua yang sebenarnya merupakan penjelmaan iblis la’natullah’alaih. Lalu Rasulullah saw. bertanya,’’Siapa kamu? ‘’ Iblis menjawab,’’Aku Iblis.’’Untuk keperluan apa kamu datang kepadaku? Tanya Nabi saw. Iblis kembali menjawab,’’Aku diperintahkan oleh Allah untuk menjawab ,’’Aku diperintahkan oleh Allah untuk menjawab apa yang Engkau tanyakan padaku.

Maka nabi saw bersabda,’’Jika demikian, wahai Mal’un (mahluk terkutuk), beri tahukan kepadaku ada berapa macam dari umat-umatku yang menjadi musuh-musuhmu?
‘’Ada lima belas macam orang-orang yang menjadi musuhku. Dan musuhku yang paling utama adalah (1) Engkau Muhammad; (2) pemimpin yang adil; (3) orang kaya yang dermawan; (4) pedagang yang jujur (5) orang alim (berilmu) yang khusyuk dalam ibadahnya; (6) para juru dakwah; (7) mukmin yang baik hatinya; (8) seorang yang istiqomah dalam tobatnya; (9) mukmin yang senantiasa menghindari perbuatan dosa; (10) mukmin yang selalu dalam keadaan suci; (11) mukmin yang gemar bersedekah; (12) mukmin yang baik budi pekertinya; (13) mukmin yang banyak memberi manfaat bagi orang lain; (14) Mukmin yang gemar membaca Al-Quran; (15) Mukmin yang mengerjakan shalat malam.

Kemudian Nabi Muhammad saw, bertanya,’’Kemudian siapakah dari umat-umatku yang menjadi teman-temanmu?,’’Iblis pun menjawab,’’ Ada sepuluh macam dari umat-umatmu yang menjadi teman-temanku: (1) pemimpin yang zalim; (2) orang kaya yang sombong; (3) pedagang yang curang; (4) para peminum minuman keras; (5) para penghasut dan pengadu domba; (6) para pezina; (7) orang yang memakan harta anak yatim; (8) orang-orang yang menyepelekan shalat; (9) orang-orang yang tidak mau mengeluarkan zakat; (10) orang yang panjang angan-angan, yakni mereka yang mabuk dengan kesenangan duniawi.

Hadirin Rahimakumullah

Demikianlah beberapa macam orang yang menjadi musuh dan teman syetan, semoga kita menjadi manusia yang tidak disukai setan karena ketaatan kita pada-Nya. Semoga kita tidak tergolong teman-teman setan.
Akhir kata, semoga sedikit yang saya sampaikan dapat bermanfaat. Mohon bila ada salah kata dan sikap. Dan saya ucapkan terima kasih

Billahi Taufik Walhidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh