Ceramah Tentang Gangguan Setan Terhadap Orang Yang Sedang Tidur

Kurang lebih manusia menghabiskan satu per tiga dari kehidupannya untuk tidur. Ketika tidur manusia tak jarang mengalami beberapa gangguan setan. Lalu apa saja yang mencakup gangguan setan terhadap manusia ketika tidur? Bagaimana cara untuk mencegah gangguan setan ini? Barang kali akan lebih lengkap jika anda menyimak secara menyeluruh contoh ceramah tentang gangguan setan terhadap orang yang sedang tidur, berikut ini:

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua

Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini
Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

Hadirin Rahimakumullah

 Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari Abdullah Ibn Abbas, dia berkata,’’Diceritakan kepada Rasulullah Saw. tentang seorang laki-laki yang tidur sepanjang malam sampai subuh (sehingga dia tidak melaksanakan shalat malam). Maka Rasulullah Saw. bersabda ,’’Orang itu telah dikencingi setan kedua telinganya.’’
Dalam riwayat lain dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah Saw. bersabda:
Setan selalu membuat tiga ikatan di atas kepala seseorang yang sedang tidur. Pada tiap ikatan tidur, setan menghebumbuskan kata-kata,’’Tenang-tenanglah! Malam masih panjang. Tidurlah! Jika orang itu bangun kemudian berzikir kepada Allah Swt., lepaslah satu ikatan yang ada padanya. Dan jika ia berwudhu, lepaslah ikatan kedua. Dan jika ia melakukan shalat, lepaslah semua ikatan tersebut. Maka pada pagi harinya, ia akan giat dan tampak berseri-seri. Jika tidak, ia akan tampak kusut dan malas.’’ (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Hadirin Rahimakumullah

 Untuk menghindari gangguan setan pada saat tidur, maka sebelum tidur hendaklah melaksanakan hal-hal ini:

Pertama, berwudhu sebelum tidur. Imam Al-Ghazali di dalam kitabnya, Maraqy Al-Ubudiyyah menuliskan sebuah hadits bahwa Rasulullah Saw. bersabda:
‘’ Barang siapa yang tidur dalam keadaan suci, maka akan ditunggui oleh malaikat di atas kepalanya. Apabila dia terbangun dari tidurnya, malaikat itu berdoa ,’’ Ya Allah, berilah ampunan kepada hambamu ini karena dia tidur dalam keadaan suci.

Kedua, memohon ampunan kepada Allah dari segala dosa. Rasulullah saw. bersabda,’’Barang siapa yang membaringkan badannya untuk tidur kemudian memba doa yang artinya:
,’’ Aku memohon ampunan kepada Allah yang tiada Tuhan melainkan Dia yang Maha Hidup dan aku bertobat kepada-Nya,’ sebanyak tiga kali maka Allah Swt. akan mengampuni dosa-dosanya. ‘’ (HR. Al-Tirmidzi dari Abu Sa’id Al-Khudri)
.

Ketiga, Berdzikir dan membaca doa yang di contohkan Rasulullah Saw, yakni : Bismikallahumma ahyaa wa bismika amuut (Dengan menyebut nama-Mu wahai Allah, aku hidup dan aku mati).

Hadirin Rahimalumullah

Betapa indah dan mengagumkannya agama islam yang bahkan hanya untuk urusan tidur pun, islam telah mengatur dan memberikan arahan. Kiranya mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan, selama penceramah berlangsung saya tidak bisa menyangkal bahwa terdapat banyak kekurangan , untuk itu mohon dimaklumi dan dimaafkan. Terima Kasih

Billahi Taufik Walhidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh