Dakwah Singkat tentang Nuzulul Quran

Siapa yang tak mengenal malam nuzulul quran? Ia adalah kali pertama turunnya wahyu Allah. Keberadaannya menjadi titik awal diturunkannya Al-Quran secara berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan dan 22 hari. AL-Quran adalah mujizat nabi yang merupakan pedoman dan panduan agar manusia bisa hidup sesuai fitrahnya di dunia ini. Al-quran adalah jalan cahaya bagi kehidupan umat muslim. Untuk lebih lengkapnya simak dakwah singkat berikut!

Assalamulaikum wr. wb

Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua

Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini
Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

Marhaban Ya Ramadhan,

Hadirin Sekalian yang berbahagia,

Alhamdulillah pada hari ini kita telah memasuki 10 hari kedua di bulan Ramadhan yang penuh dengan ampunan ini. Pada kesempatan kali ini izinkan saya menyampaikan sedikit ilmu tentang nuzulul quran. Nuzulul Quran adalah peristiwa penting berkaitan dengan turunnya wahyu Allah yang pertama kepada Nabi Muhammad saw.
Seperti yang telah kita ketahui bahwa Al-Quran merupakan Firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. Keberadaannya menjadi mu’jizat bagi umat manusia dan menjadi pedoman atau panduan hidup bagi umat muslim.
Hari ini mungkin kita tidak asing dengan berbagai penemuan ilmiah yang sekaligus membenarkan perkataan Al-Quran. Al-Quran adalah sebenar-benarnya kitab yang berasal dari Tuhan Semesta Alam, Yakni Allah Subhanahu Wata’ala. Keontetikannnya bahkan dijamin sampai hari kiamat dan menurut pakar bahasa Arab bahasa Al-Quran memiliki keindahan yang sangat tinggi sehingga mustahil manusia mampu menandinginya. Hari ini, kitab mana yang masih asli dan tidak mengandung kerancuan di dalamnya kecuali AL-Quran?

Hadirin yang dimuliakan Allah

Tepatnya pada tanggal 17 Ramadhan, peristiwa nuzulul quran berlangsung.
Malam Nuzulul Qur’an menandakan proses Al-Quran yang diturunkan secara berangsur
-angsur selama 22 tahun yangi ayat-ayatnya sangat cermat dan penuh makna, indah, dan fasih bahasanya. Terjalin antara satu ayat dengan ayat lainnya untaian mutiara, serta ketiadaan pertentangan di dalamnya, hal ini semakin menguatkan bahwa Al-Qur’an benar-benar kalam ilahi. Sungguh sangat disayangkan bila kita melewatkan malam baik ini yang terjadi hanya sekali setiap tahunnya.

 Hadirin yang dimuliakan Allah

 Marilah kita sama-sama untuk mengisi malam 17 Ramadhan dengan membaca dan mengkaji ayat-ayat Al-Quran dengan sebaik-baiknya. Semoga ayat-ayatnya bisa menjadi penuntun hikmah yang akan membawa kita pada ketakwaan kepada Allah subhanahu wata’ala.

 Hadirin yang di muliakan Allah

 Demikianlah yang dapat saya sampaikan, segala kekurangan dan kelebihannya saya mohon maaf dan terima kasih. Akhir kata semoga kita semua menjadi hamba Allah yang bersyukur dan yang di ridhai-Nya.

Wassalam, Wr. Wb