Contoh Pidato Tentang Keutamaan Bulan Ramadhan

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

06 June 2016

Contoh Pidato Tentang Keutamaan Bulan Ramadhan

Alhamdulillah pada tanggal 6 juni 2016, kita memasuki bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang berkahi dan penuh dengan keutamaan. D bulan ini pintu-pintu surga dibuka; pintu-pintu neraka di tutup; dan setan-setan di ikat. sebagai umat muslim ada baiknya kita untuk mengetahui keutamaan yang terdapat di dalam bulan Ramadhan. Lengkapnya, marilah kita simak contoh pidato tentang keutamaan bulan Ramadhan.

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

Marhaban Ya Ramadhan,

 Hadirin Sekalian yang berbahagia,

Alhamdulillah pada hari ini kita telah memasuki bulan Ramadhan yang penuh keutamaan dan berkah. Bulan Ramadhan adalah bulan turunnya Al-quran, bulan Ramadhan adalah bulan yang didalamnya
terdapat malam Lailatul Qodar dan bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan ampunan.

Hadirin yang berbahagia

 Bukan hal yang mudah dan singkat untuk membicarakan keutamaan bulan Ramadhan. Diantara keutamaan bulan Ramadan adalah bahwa di bulan ini umat muslim diwajibkan untuk berpuasa satu bulan penuh sebagai bentuk ketakwaan dan keimanan kepada Allah swt. Melalui bulan Ramadhan, kita digembleng untuk dapat mengendalikan diri dari berbagai godaan syahwat, melalui bulan ini pula kita diajarkan untuk tidak gandrung pada hal-hal yang bersifat duniawi.

Hadirin yang dimuliakan Allah,

 Keutamaan yang selanjutnya adalah bahwa di bulan Ramadhan ini, Allah memberikan kesempatan yang begitu besar agar hamba-hambanya dapat memperoleh pahala dan meraih surga. Diantaranya hadits Rasulullah saw yang artinya:

Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka di tutup dan para setan di ikat; juga terdapat dalam bulan ini malam yang lebih baik dari seribu bulan barang siapa tidak memperoleh kebaikannya, maka dia tidak memperoleh apa-apa. (H. R. Ahmad & An-Nasai) 

Hadirin yang dimuliakan Allah

Dalam bulan Ramadhan ini, dengan segala kemuliaan-Nya, Ia memberikan kepada kita umat muslim kesempatan agar dapat mencuci dosa-dosa yang telah kita lakukan. Dalam bulan ini, Allah membukakan pintu ampunan seluas-luasnya bagi mereka yang menyungkur – memohon ampun kepada-Nya. Mungkin selama ini dosa-dosa kita seluas bumi atau bahkan tak terhitung besarnya, tapi janganlah kita berputus asa dari rahmat dan ampunan Allah.

Hadirin yang dimuliakan Allah

Dibulan yang penuh keberkahan ini, Allah memberikan kesempatan kepada kita sebagai umat muslim agar memperoleh sebanyak mungkin pahala yang dengannya kita menjadi orang beruntung. Melalui malam Lailatul Qodar, kita diberikan kesempatan untuk menyamai pahala mereka yang nilai ibadahnya tidak kurang dari 1000 bulan atau sama dengan 83 tahun 4 bulan. Mari kita renungkan, betapa Allah dengan segala Keagungannya memberikan kesempatan besar agar kita semua bisa meraih surga-Nya kelak.

 Hadirin yang dimuliakan Allah,

Dengan segala keberkahan yang terdapat di bulan Ramadhan ini dan segala kemuliaan-Nya yang telah mempertemukan kita kembali dalam bulan turunnya kitab suci Al-quran. Maka sudah seyogyanya kita harus bersyukur dengan menjadi sebaik-baiknya manusia di bulan yang diberkahi ini. Marilah kita bersama-sama berlomba-lomba dalam kebaikan dan dengan penuh semangat untuk meraih Ridho-Nya.

Hadirin yang di muliakan Allah

 Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, segala kekurangan dan kelebihannya saya mohon maaf dan terima kasih. Tak lupa, saya ingin mengajak umat muslim terutama yang hadir pada hari ini untuk menggunakan bulan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya. Akhir kata semoga kita semua menjadi hamba Allah yang bersyukur dan yang di ridhai-Nya.

Wassalam, Wr. Wb

Tags :