Contoh Naskah Pidato Tentang Manfaat Puasa

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Contoh Naskah Pidato Tentang Manfaat Puasa

Hari ini kita telah memasuki puasa bulan Ramadhan yang ke sebelas, pernahkah anda merasa ingin tahu tentang manfaat yang bisa diambil dari kewajiban puasa sehingga Allah secara khusus memerintahkan manusia untuk berpuasa satu bulan penuh di bulan ramadhan? Agaknya kita harus mengetahui manfaat yang terkandung dari kewajiban puasa tersebut sehingga kita dapat menjadi lebih bersemangat dalam melaksanakannya. untuk lebih lengkapnya simak pidato berikut ini:

 Assalamualaikum Wr Wb

Yang saya muliakan hadirin dan teman-teman semua

Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

Marhaban Ya Ramadhan,

Pada kesempatan kal ini izinkanlah saya menyampaikan sedikit bahasan tentang manfaat berpuasa. Seperti yang telah kita ketahui bahwa pada bulan yang suci ini kita sebagai umat muslim di wajibkan untuk berpuasa satu bulan penuh. Lalu apa manfaat dari perintah puasa tersebut?

Hadirin yang saya hormati

Manfaat pertama yang dapat kita peroleh dari melaksanakan ibadah puasa adalah menjadikan kita menjadi lebih sehat. Rasulullah saw pernah bersabda,’’berpuasalah niscaya kamu akan sehat. Hadits selanjutnya mengatakan bahwa,’’ Rasulullah saw bersabda :“Sesungguhnya Allah telah mewahyukan kepada seorang Nabi dari Bangsa Israel :“Beritahukanlah kepada kaummu bahwa tiada seorang hamba yang berpuasa sehari dikerjakannya betul-betul karena Aku, melainkan Aku (Allah) memberi kesehatan tubuhnya dan memberinya pahala yang besar.

Pengaruh positif puasa terhadap kesehatan  di aminkan oleh dunia kedokteran yang menilai bahwa puasa adalah cara terampuh dalam mengobati berbagai penyakit. Ketika berpuasa organ pencernaan bisa beristirahat selama kurang lebih 12-14 jam. Sehingga jika seseorang berpuasa dengan benar akan berpeluang untuk menjaga dirinya dari berbagai penyakit seperti diabetes, darah tinggi, tukak lambung, kolesterol tinggi dan obesitas.

Hadirin yang dimuliakan Allah

Manfaat puasa selanjutnya adalah puasa dapat mensucikan jiwa dan melatih kesabaran. Hal ini didasarkan hadits rasulullah bersabda,’’segala sesuatu atu ada zakatnya (pensucinya), dan pensuci jasad adalah puasa. Dan puasa itu adalah separuh dari kesabaran. Bagaimana tidak, puasa membuat kita menjadi lebih mampu untuk menahan diri dari segala hal-hal yang membatalkannya. Sehingga kita dilatih untuk menjadi orang yang sabar.

Hadirin yang dimuliakan Allah

 Manfaat puasa yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kepedulian sosial. Saat seseorang sedang berpuasa maka ia akan merasakan arti lapar, haus dan dahaga yang terbiasa menghinggapi kaum dhu’afa,sehingga akan terbangunlah empati dan kepeduliannya kepada nasib mereka. Untuk itulah barangkali mengapa baginda Nabi saw memerintahkankepada setiap orang yang berpuasa Ramadhan untuk membayar Zakat Fitrah di akhir Ramadhan.

 Manfaat puasa yang selanjutnya adalah bahwa puasa dapat menjadi perisai yang melindungi seseorang dari siksa api neraka. Hal ini didasarkan pada hadits nabi yang berbunyi,“Puasa itu adalah perisai. Dan ia merupakan benteng dari benteng-benteng orang beriman. Dan semua amal itu bagi pelakunya. Kecuali puasa. Allah berfirman : “Puasa itu bagi-Ku. Dan Aku (Allah) lah yang akan memberikan balasannya.

Hadirin yang dimuliakan Allah
Masih banyak lagi manfaat yang dapat diambil dari kewajiban puasa. Namun mungkin cukup sekian dari saya, kurang dan lebihnya saya mohon maaf dan terima kasih. Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum Wr. Wb

Contoh Naskah Pidato Tentang Manfaat Puasa