Contoh Ceramah Tentang Keutamaan Bersedekah

Siapa yang tak kenal sosok sahabat nabi Utsman Bin Affan yang dijuluki Dzu nurain. Beliau adalah sosok sahabat yang dikenal pemalu tapi sangat dermawan. Beliau adalah sosok sahabat yang ahli dalam bersedekah. Tapi tunggu dulu mengapa umat muslim harus bersedekah? kiranya keutamaan apa yang bisa diperoleh umat muslim jika ia bersedekah?. Untuk lebih tepatnya, marilah kita tengok contoh ceramah tentang keutamaan bersedekah, dengan membacanya semoga kita menjadi muslim yang ahli dan lebih baik dalam bersedekah.

Assalamualaikum Wr Wb

Yang saya muliakan hadirin dan teman-teman semua
Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini
Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

Pada kesempatan kali ini izinkanlah saya menyampaikan sedikit bahasan tentang keutamaan bersedekah. Sebelumnya kita mungkin tidak asing dengan kalimat yang isinya adalah bahwa tangan di atas lebih baik daripada tangan dibawah. Singkatnya memberi akan selelu lebih mulia dari menerima.

Hadirin yang dimuliakan Allah,

Allah Subhanahu Wa Ta’ala benar-benar memuliakan orang-orang yang bersedekah. Ia menjanjikan banyak keutamaan dan balasan yang menakjubkan bagi orang-orang yang gemar bersedekah. Diantara keutamaan bersedekah yang pertama adalah sedekah dapat menghapus dosa. Hal ini didasarkan pada hadits nabi dimana rasulullah bersabda “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)
Tentunya sedekah disini harus diikuti dengan taubat terhadap dosa-dosa terutama dengan dosa-dosa besar. Diharapkan melalui sedekah ini Allah menggerakan hati kita untuk menjadi insan yang lebih baik.

Keutamaan yang selanjutnya dari bersedekah adalah bahwa orang-orang yang bersedekah akan diberi naungan di hari akhir. Hal ini didasarkan pada hadits nabi yang isinya adalah bahwa ’’ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan tentang 7 jenis manusia yang mendapat naungan di suatu, hari yang ketika itu tidak ada naungan lain selain dari Allah, yaitu hari akhir. Salah satu jenis manusia yang mendapatkannya adalah:“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itusampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangankanannya.” (HR. Bukhari no. 1421)

Keutamaan lain dari bersedekah adalah bahwa sedekah dapat memberikan keberkahan pada harta. Hal ini didasarkan pada hadit rasul dimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)
Keberkahan disini menurut ulama mencakup dua hal Pertama, yaitu hartanya diberkahi dan dihindarkan dari bahaya. Maka pengurangan harta
menjadi ‘impas’ tertutupi oleh berkah yang abstrak. Ini bisa dirasakan oleh indera dan kebiasaan. Kedua, jika secara dzatnya harta tersebut berkurang, maka pengurangan tersebut‘impas’ tertutupi pahala yang didapat, dan pahala ini dilipatgandakan sampai berlipat-lipat banyaknya.

Hadirin yang dimuliakan Allah

Masih banyak keutamaan dari bersedekah yang bisa kita cari dan pelajari, semoga melalui ceramah yang telah dipaparkan kita semua menjadi muslim-muslimah yang dermawan yang mampu mendermakan hartanya.
Mungkin cukup sekian yang bisa sampaikan, mohon maaf atas segala kekurangannya dan mohon klarifikasi kembali ilmu yang telah didapat. Akhirnya saya ucapkan terima kasih pada semua hadirin yang telah membersamai saya dari awal sampai akhir.

Wassalam Wr Wb