Contoh Pidato Tentang Sopan Santun

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Contoh Pidato Tentang Sopan Santun

Naskah Pidato Tentang Sopan Santun - Menyampaikan sebuah pidato yang menggunakan tema tentang Sopan santun nampaknya merupakan alah satu tema yang cukup pas untuk disampaikan pada jaman sekarang ini, dimana sopan santun merupakan suatu sikap yang baik, yang harus dipertahankan untuk menjaga kerukunan dan keharmonisan hubungan bermasyarakat di negara kita tercinta ini. contoh naskah pidato ini berjudul "Contoh Pidato Tentang Sopan Santun"
(Pilih Pembukaan yang Sesuai)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tak ada ungkapan yang paling mulia di muka bumi dari seorang hamba kecuali rasa syukur yang dipanjatkan kehadirat Allah SWT yang telah senantiasa memberikan segala nikmat dan rahmatNya sehingga kita semua masih diberikan kesempatan untuk menikmati setiap nikmat yang diberikanNya. Shalawat beriring salam juga tak lupa akan kita haturkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita ke jaman penuh rahmat dan barokah.

Hadirin sekalian yang berbahagia.

Sopan santun merupakan suatu perilaku yang baik untuk diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, khususnya di negara Indonesia ini. Indonesia terkenal dengan keramah tamahan masyarakatnya. Nilai-nilai yang baik seperti itu tidak boleh hilang tetap harus dijaga sebagai identitas bangsa ini. Sedikit demi sedikit  nilai-nilai kesopanan pada masyarakat mulai berkurang, seiring masuknya budaya barat yang mempunyai nilai kebebasan dengan norma-norma yang tidak terlalu ketat. Kebebasan cara bergaul, cara berbicara pada gaya barat memang tidak sepenuhnya salah, tapi kita tetap harus menyesuaikan dengan budaya timur yang ada di Indonesia yang dikenal dengan keramah tamahannya.  

Seseorang dikatakan memiliki sopan santun itu adalah seseorang yang memiliki sikap atau perilaku diri yang terekspresi dari hati nurani, yang diekspresikan dalam perilaku dan cara berpikir. Sikap sopan santun yang benar ialah lebih menonjolkan pribadi yang baik dan menghormati siapa saja. Dari tutur bicara pun orang bisa melihat kesopanan kita. Sifat ini telah ditanamkan sejak kecil oleh orang tua, atau pun guru disekolah. Sikap sopan santun itu masih bisa bertahan atau tidaknya seiring bertambah usia dan perubahan zaman bergantung pada diri kita sendiri.

Ketika seseorang kehilangan sopan santun dalam kehidupan, maka dia sedang meracuni kehidupan dengan sikap dan perilaku buruk. Sopan santun memperlihatkan kualitas kepribadian seseorang. Semakin rendah hati dan beretika seseorang, maka dia akan mengekspresikan sopan santun dengan tulus dan penuh percaya diri. 

Lalu mengapa harus kita mempunyai sikap sopan santun? Dengan bersopan santun, tiga hal berikut bisa menjadi lebih baik dalam hidup kita. Yang pertama adalah nama baik kita akan dikenal baik. Cara kamu berurusan dengan orang, maka akan meninggalkan kesan baik ataupun buruk. Jika kita bersikap sopan, kemungkinan besar orang akan menganggapmu dewasa dan bertanggung jawab. Masyarakatpun akan memperlakukanmu dengan cara yang sama. Yang kedua adalah pergaulan yang akan kita dapatkan. Kita secara tidak langsung akan terarah pada pergaulan dengan orang-orang yang positif, orang yang tentu juga mempunyai kesopan santunan. Karena orang-orang yang mempunyai pendidikan tinggi, seseorang beribadah dengan baik, ataupun seseorang yang dermawan sudah dipastikan akan memiliki nilai-nilai sopan santun didalam dirinya. Dan yang terakhir bagaimana orang memperlakukan kita. Kalau kita selalu sopan, orang yang selalu kasar terhadap kamu pun akhirnya mungkin perlahan-lahan akan memperlakukanmu dengan baik. Tentu, kalau kamu kasar, kamu juga akan diperlakukan dengan buruk. 

Hadirin sekalian yang berbahagia.

Akhir kata, semoga kita semua mempunyai kehidupan yang baik, tanpa meninggalkan nilai-nilai atau norma-norma yang baik dalam kehidupan bermasyarakat. 

Wabillahi Taufiq Wal Hidayah.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.