Contoh Pidato Memilih Karir yang Tepat

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Contoh Pidato Memilih Karir yang Tepat

Contoh Naskah Pidato-Dalam memilih karir seseorang haruslah terarah dari sejak dini dan itu semua perlu mendapatkan arahan, tetapi bukan paksaan. Seorang guru atau seseorang yang dituakan yang akan mengarahkannya. Pada saat tertentu diwaktu acara sekolah kita menyampaikan hal itu melalui bahan pidato agar menjadi motivasi untuk siswa disekolah. Atau pula ini bisa dijadikan sebagai bahan pidato kakak kelas untuk memotivasi adik kelasnya dalam menentukan jurusan yang akan diambil. Adapun contoh naskah pidatonya berjudul “Contoh Pidato Memilih Karir yang Tepat”.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tak ada ungkapan yang paling mulia di muka bumi dari seorang hamba kecuali rasa syukur yang dipanjatkan kehadirat Allah SWT yang telah senantiasa memberikan segala nikmat dan rahmatNya sehingga kita semua masih diberikan kesempatan untuk menikmati setiap nikmat yang diberikanNya. Shalawat beriring salam juga tak lupa akan kita haturkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita ke jaman penuh rahmat dan barokah.

Hadirin sekalian yang berbahagia.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya ingin memotivasi adik-adik (siswa-siswa) sekalian untuk mengetahui pilihan karir yang akan dipilih untuk menunjang masa depan kita di kemudian hari. Bila berbicara melalui karir saat ini mungkin terlalu dini, tapi karir yang matang perlu persiapan sedini mungkin. Dan sekarang dimulai dari menetukan jurusan yang akan adik-adik (siswa-siswa) pilih di penjurusan di kelas VIII nanti.  Jangan sampai memilih jurusan yang akan kalian ambil ini menjadi hal yang tergesa-gesa. Bila kita belum tahu mau jadi apakah kita nanti di masa depan,  kita terlebih dahulu harus berusaha mengetahuinya. Dengan mencoba memulai memikirkan hal itu dengan baik. Mari saya bantu coba mengarahkan adik-adik(siswa-siswa) sekalian untuk berfikir tentang hal itu.

Yang pertama dimulai dengan pertimbangkan ketertarikan kita. Jika kita hobi traveling ingin berkeliling dunia, maka pilih pekerjaan seperti menjadi pramugari, pramugara, atau tour guide. Dengan pekerjaan tersebut kita bisa sekaligus mendapatkan apa yang kita inginkan. Pertimbangan jurusan yang akan diambil adalah dua pilihan, adik-adik(siswa-siswa) bisa memilih jurusan bahasa, yang akan menunjang untuk perjalanan ke luar negeri dan berinteraksi dengan para tourist. Atau pun memilih jurusan IPS, yang juga menunjang untuk dunia traveling. Tapi perlu diingat bahasa sangat penting untuk menunjang pekerjaan ini.

Yang kedua coba pertimbangkan hobi kita. Bila adik-adik (siswa-siswa) mempunyai hobi bermain game, pekerjaan yang mungkin cocok adalah sebagai Programer atau desain video game. Contoh lain ketika kita senang membaca komik atau menonton kartun, bisa mengambil jurusan seni dan mencoba membuat komik sendiri, atau bisa pula mengambil jurusan desain grafis. Dan ketika penjurusan di SMA untuk jenis pekerjaan ini tidak terlalu harus ditentukan, karena tipe pekerjaan ini diluar dari materi sekolah, penjurusan bisa diambil ketika duduk dibangku kuliah.

Yang ketiga coba pertimbangkan mata pelajaran yang disukai. Jika kimia menjadi kesukaan, pekerjaan yang bisa diambil sebagai teknisi lab atau apoteker. Jika menyukai matematika atau statistik bisa bekerja di perpajakan, di statistika dll. Jurusan yang bis dipilih yaitu jurusan IPA.

Yang terakhir pertimbangkan keterampilan anda. Jika terampil mengurus anak-anak mungkin bisa menjadi guru TK atau SD. Bila adik-adik terampil mengurus organisasi atau orang lain, bisa menjadi manajer atau menjadi perawat.

Itu hanya sebagian cara yang bisa adik-adik pertimbangkan untuk menentukan jurusan yang bisa adik-adik pilih nanti di kelas VIII, saya ingatkan kembali karir itu perlu rencana yang baik untuk hasil yang memuaskan.
Hadirin sekalian yang berbahagia.

Akhir kata, semoga kita semua mempunyai kehidupan yang baik, tanpa meninggalkan nilai-nilai atau norma-norma yang baik dalam kehidupan bermasyarakat.

Wabillahi Taufiq Wal Hidayah.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Pidato Memilih Karir yang Tepat