Contoh khutbah Jumat Tentang 3 Amal Ringan Berpahala Besar

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Contoh khutbah Jumat Tentang 3 Amal Ringan Berpahala Besar

Contoh khutbah Jumat Tentang 3 Amal Ringan Berpahala Besar - Amal sholeh yang bisa dilakukan sehari-hari tapi mempunyai nilai pahala yang besar perlu kita tahu. Tentunya untuk menambah tabungan amal sholeh yang kita punya nanti, untuk bekal diakhirat. Bila amal sholeh seperti umrah atau naik haji belum mampu kita kerjakan, hendaknya mengerjakan amalan sholeh yang ringan untuk dilakukan apalagi amalan sholeh ini berpahala besar. Tetapi hal ini tidak menjadikan kita memilih-milih amal sholeh berdasarkan nilai pahalanya. Melainkan untuk lebih memotivasi diri kita atau orang lain untuk mengerjakan amalan-amalan ini secara rutin.

لْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللهِ شَهِيْداً، وَأَشْهَدُ أَلَّا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ إِقْرَاراً بِهِ وَتَوْحِيْداً، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْماً مَزِيْداً
أَمَّا بَعْدُ
أَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوْا اللهَ تَعَالَى
Hadirin Jama’ah Jum’at yang dirahmati Allah.

Muslim sejati yang Allah ulang-ulang di dalam kitab-Nya adalah mau beramal sholeh. Sebagaimana makna iman yang umum dipahami, yakni membenarkan dengan hati, lisan dan mengaktualisasikannya di dalam perbuatan. Nabi Muhammad Shallallahu Alayhi Wasallam beserta para sahabatnya sangat gemar melakukan yang namanya amal sholeh. Dan, sebagai pengikutnya sudah semestinya kita juga mengikuti apa yang telah ditauladankan Nabi dan sahabat-sahabatnya.

Lalu amal sholeh seperti apa saja yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari? Amal sholeh itu terdapat dua perbedaan. Amal sholeh yang kita perbuat untuk orang lain, semisal sedekah dengan niat karena Allah. Dan Amal sholeh yang langsung terhubung kepada Allah SWT, semisal membaca Al-Quran. Amalan sholeh yang bisa umat muslim lakukan sangatlah ringan, kita tidak perlu banyak mengeluarkan tenaga seperti kita bekerja. Membuat amal itu sangatlah mudah, yang membuat sulit itu diri kita sendiri yang tidak mampu menghalau godaan setan untuk tidak melakukan amal sholeh. Kita lebih memilih menonton tv dari pada shalat duha, padahal apa yang sulit dari shalat duha dua rakaat? Subhanallah…

Janganlah kita mempersulit diri untuk menambah tabungan pahala kita, itu sangat penting untuk tabungan kita diakhirat. Beramal sholeh, tidak harus setiap jam dan menit kita lakukan dan menghabiskan waktu, bukan.. tapi beramal sholeh dilakukan ketika kita sedang melakukan aktivitas sehari-hari dan disela-sela waktu senggang kita bisa beramal. Bukan berarti kita menyepelekan amal dengan melakukannya di sisa waktu yang ada, tetapi lebih ke memanfaatkan waktu sebaik-baiknya jikalau kita sibuk bekerja.

Saya contohkan amalan sholat yang bisa anda kerjakan disela-sela kesibukan pekerjaan. Shalat fajar dilakukan sebelum adzan subuh, bukankah tidak mengganggu waktu bekerja? tidak. Selanjutnya shalat duha bisa dilakukan sebelum anda berangkat kerja. Jam 7 pun setelah matahari keluar, shalat duha bisa dilaksanakan. Contoh kecil yang bisa dilakukan oleh kita jikalau kita sebagai karyawan yang mempunyai keterbatasan waktu untuk beramal sholeh.

Adapun 3 amalan sholeh yang berpahala besar diantaranya :

1.    Dzikir yang pahalanya memenuhi timbangan amal, dan bis amenghapus dosa.
Rasululloh sallallohu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Kebersihan itu separuh keimanan,dan ucapan alahamdulillah itu memenuhi timbangan amal,dan Subhaanallohi walhamdulillah itu memenuhi keduanya atau memenuhi antara langit dan bumi.”(Hr.Muislim)

Di dunia ini tidak ada yang tidak berdosa.Semua orang mesti pernah melakukan dosa.Dosa itu tidak mudah di hapus di hadapan alloh.Misalnya kita harus beristighfar,bertaubat, dll. Tapi dengan dzikir inidosa-dosa bisa terhapus hingga beribu-ribu dosa. Sabda nabi sallallohu ‘alaihi wasallam:

“Apakah seorang diantara kamu tidak mampu mengerjakan seribu kebaikan dalam setiap harinya??Salah seorang sahabat yang ikut duduk bersama beliau bertanya:”Bagaimana cara salah seorang diantara kami dapat mengerjakan seribu kebaikan??”Belau menjawab:”Membaca tashbih (subhaanalloh) seratus kali dapat mendatangkan seribu kebaikan atau menghapus seribu dosa atau kesalahan.”(HR.Muslim)

2.    Menjenguk orang sakit didoakan oleh 70.000 Malaikat.
Menjenguk orang sakit mudah dilakukan sesambi kita mempererat tali silaturahmi dan kekerabatan.Apalagi menjenguk orang sakit adalah salah satu kewajiban muslim terhadap muslim lainnya.
“Tiada seorang muslim yang menjenguk seorang muslim pada waktu pagi melainkan dia didoakan oleh 70.000 malaikat hingga sore hari.Dan ia menjenguk pada sore hari maka ia di doakan oleh 70.000 malaikat hingga pagi harinya.Dan akan mendapatkan jaminan buah-buahan yang siap di petik di dalam syurga.”(HR .Tirmidzi dan dia berkata hasan dianggap shahih oleh al-Bani)

3.    Membaca Satu Huruf dari Al-qur’an Mendapat Sepuluh Pahala

Membaca al-qur’an sangat mudah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, bisa kita lakukan dengan murojaah, dalam sholat dll.Al-qur’an adalah bacaan yang mulia oleh karena itu kita sangat dianjurkan untuk membacanya, terlebih lagi kalau kita menghafal,mentadaburi, mengamalkan, dan mendakwah kannya. Rasululloh sallallohu ‘alaihi wasllam bersabda:

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari al-qur’an maka ia mendapat satu kebaikan dan setiap kebaikan mempunyai sepuluh kelipatan pahala. Aku tidak mengatakan Aliflaammim itu satu huruf, tapi aliif satu huruf, laam satu huruf, dan miim satu huruf.”(HR,Tirmidzi)


بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ

الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرّحِيْمِ