Materi Pidato Tentang Lingkungan Hidup

Materi pidato tentang lingkungan hidup – Salah satu materai yang cukup pas untuk disampaikan dalam suatu forum adalah materi mengenai lingkungan hidup. Hal ini penting untuk dilakukan karena kondisi bumi kita yang memang semakin tua dan juga terlihat semakin memprihatinkan nampaknya masih diperlukan banyak sekali ajakan-ajakan dan kampanye yang harus terus diserukan agar masyarakat-masyarakat dunia sekarang untuk lebih memperhatikan lingkungannya. Sejalan dengan tujuan tersebut maka pada kesempatan kali kami akan memberikan salah satu materi pidato tentang lingkungan hidup kepada anda sekalian.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Rangkaian ungkapan puja dan puji syukur kehadirat Allah yang telah melimpahkan segala rahmat dan karuniaNya kepada kita sekalian sehingga kita masih diperkenankan untuk merasakan segala nikmat dan karuniaNya yang masih tersebar di muka bumi ini. tak lupa juga shalawat serta salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita nabi besar, nabi akhir Jaman Muhammad SAW yang telah mengentaskan kita dari gelapnya jaman jahiliyah.

Hadirin kaum muslimin wal muslimat yang dirahmati dan dimuliakan oleh ALLah SWT.

Diantara semua makhluk yang diciptakan oleh Allah, manusia merupakan makluk yang paling sempurna diantara makhluk-makluk lainnya. sehingga, karena alasan itulah maka kemudian Manusia memiliki keberanian untuk memegang tanggung jawab untuk mengelola bumi ini. sehingga akhirnya semua yang ada di didalam isi bumi diserahkan sepenuhnya semuanya kepada manusia. Sebagai makhluk yang paling baik akhirnya manusia pun diangkat menjadi khalifah di muka bumi ini. sebagai seorang khalifah di muka bumi ini, maka manusia tak hanya memiliki tanggung jawab untuk semata beribadah kepadaNya saja namun juga diperintahkan untuk melakukan segala kebajikan dan dilarang untuk membuat kerusakan, termasuk dalam hal ini tentunya adalah lingkungan hidup itu sendiri.

Hadirin kaum muslimin wal muslimat yang dirahmati dan dimuliakan oleh ALLah SWT.

Ketika manusia diturunkan ke bumi, saat manusia melakukan berbagai interaksi dan mengelola alam serta isinya , pada dasarnya Allah telah memberikan 3 amanat penting terhadap manusia yaitu Allah mempersilahkan kepada seluruh umat manusia untuk mengambil manfaat dan mendayagunakan hasil alam yang ada di bumi dengan sebaik-baiknya. Selanjutnya manusia juga diberikan amanat untuk senantiasa memikirkan, menggali rahasia seraya dapat mengambil pelajaran dari berbagai peristiwa yang terjadi di bumi ini. dan selanjutnya amanah yang terakhir yaitu manusia memiliki kewajiban untuk terus senantiasa menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan tersebut.

Namun nampaknya dengan semakin majunya peradaban, malah membuat anya manusia akhirnya melupakan dan bahkan tidak mengetahui tentang ke 3 amanah penting tersebut, sehingga akhirnya banyak yang menganggap bahwa lingkungan merupakan sebuah objek yang dapat diekslpoitasi seenaknya hanya untuk memuaskan keinginan manusia semata. Dan bila ini terus berlanjut, maka kerusakan-kerusakan pun akan terjadi. Hal ini telah secara tegas dijelaskan dalam firmanNya dalam QS Ar Ruum ayat 41;

“telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).”

Hadirin kaum muslimin wal muslimat yang dirahmati dan dimuliakan oleh ALLah SWT.

Maka mulai detik ini marilah kita sekalian kita mulai kembali memegang 3 amanah yang telah diberikan kepada kita sekalian, agar kita semuanya dapat terhindar dari malapetaka dan adzabNya.

Cukup sekian yang dapat saya sampaikan.
Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Wal Hidayah.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.