Naskah Pidato Tentang Guruku Teladanku

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

26 April 2016

Naskah Pidato Tentang Guruku Teladanku

Naskah pidato tentang guruku teladanku - Berbicara mengenai guru nampaknya memang tak akan pernah ada habisnya. Selain berbagai permasalahan yang dihadapi oleh para guru sendiri, sosok guru sebagai sosok pahlawan juga akan sangat menarik untuk dibahas. Karena biar bagaimanapun, setiap proses kehidupan seseorang pasti selama hidupnya memiliki sosok yang disebut sebagai guru. Untuk itu disini kami akan mencoba untuk memberikan contoh naskah pidato tentang guruku teladanku.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tiada kata dan ucapan yang tepat dan lebih indah selain ungkapan rasa syukur Alhamdulilah yang tak terhingga kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karuniaNya sehingga kita bisa berkumpul dan bersua dalam sebuah kesempatan yang membahagiakan ini. selanjutnya Shalawat serta salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang nantinya akan kita harapkan syafaatnya saat Yaumul Kiyamah.
Hadirin sekalian yang berbahagia dan dimuliakan oleh Allah.

Ketika saya ditanya mengenai makna dan bagaimana sosok seorang guru, maka yang akan terlintas dari benak saya adalah sosok orang-orang yang sangat luar biasa. Figur guru yang begitu bersahaja begitu tertanam dalam benak saya. Meski terkadang dalam beberapa guru yang hadir dalam kehidupan saya, muncul sosok guru yang kurang memaknai makna guru sebenarnya. Namun meski begitu tetap saja ia akan menjadi sosok yang begitu berjasa dalam kehidupan saya.

Beberapa sosok guru yang saya kenal, benar-benar menjadi sosok yang mengubah hidup saya dan mengubah bagaimana cara saya memandang kehidupan ini dengan lebih luwes. Bagaimana guru tersebut mengajar dengan begitu sabarnya meski beberapa kali murid didiknya melakukan berbagai kenakalan-kenakalan. Namun dengan sepenuh hati, dengan keikhlasan yang tinggi tak pernah menghitung tentang seberapa besar ilmu dan jerih payah yang diberikannya. Sehingga nampaknya bukan menjadi hal yang berlebihan jika guru adalah sosok teladan yang benar-benar harus diteladani.

Hadirin sekalian yang berbahagia dan dimuliakan oleh Allah.

Ketika kita sendiri yang menjadi sosok guru, maka tentunya kita tahu betul bahwa kita harus memiliki perilaku dan etika sebagaimana layaknya seorang guru. Karena apa yang kita lakukan, tingkah polah apa yang akan perbuat, kata-kata ucapan apa yang telah kita keluarkan, tanpa pernah disadari hal tersebut benar-benar membekas dalam hati anak didik. Karena biar bagaimana pun, sosok guru yang berdiri di depannya adalah contoh kehidupan yang begitu jelas yang dipercayai akan menjadi sosok yang membawa kebaikan.

Dengan begitu beratnya tugas guru sebagai sosok yang diteladani banyak orang, maka sebenarnya menjadi hal yang wajar jika pada akhirnya seorang guru harus memenuhi berbagai kriteria-kriteria yang harus dipenuhi. Ini dilandasi agar supaya seorang guru benar-benar akan menjadi contoh hidup untuk orang disekitarnya sebagai sosok yang berkarakter, berilmu pengetahuan dan sosok yng mengayomi. Namun tentunya, pembahasan guru disini, bukan hanya diartikan sebagai seorang guru yang emngajar suatu mata pelajaran tertentu saja, namun lebih dari yang kita bicarakan disini tentunya memiliki makna yang lebih luas, dimana yang disebut sebagai guru adalah mereka-mereka yang membagikan ilmu apapun kepada siapapun dimanapun dan kapanpun yang dengan ikhlas menyampaikan ilmu kebaikan apapun.

Hadirin sekalian yang berbahagia dan dimuliakan oleh Allah.

Kiranya hanya sekian saja yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf.

Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Wal Hidayah.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.