Naskah Pidato Tentang Gunung Meletus

Naskah pidato tentang gunung meletus – Melihat banyaknya kejadian bencana yang ada di negara ita khususnya gunung meletus, tentunya akan sangat pas dan tepat jika kita membicarakan masalah gunung meletus untuk setidaknya memberikan sedikit pemahaman mengenai bahaya dan apa yang harus dilakukan ketika gunung meletus datang. Untuk itu, disini kami akan mencoba memberikan salah satu contoh naskah pidato tentang gunung meletus kepada anda.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pertama dan utama, marilah kita terlebih dahulu untuk memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segala limpahan rahmat dan karuniaNya sehingga kita semua yang hadir disini khususnya, dapat merasakan nikmat dan karuniaNya tersebut dengan bebas. Tak lupa juga tentunya, shalawat serta salam akan kita haturkan kepada junjungan kita, nabi mulia Muhammad SAW yang telah menyelamatkan kita semua dari jeratan jaman jahiliyah atau jaman kebodohan sehingga kita semua dapat merasakan jaman yang penuh dengan cahaya keselamatan yaitu cahaya Islam.

Hadirin sekalian yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah.

Kita tentu tahu betul bahwa seringkali negara kita dilanda dengan bencana gunung Meletus, mulai dari Gunung Merapi, Gunung Sinabung, Gunung Kelud dan masih banyak lagi gunung-gunung berapi lainnya yang meletus secara bergiliran. tentunya hal ini bukan lagi hal yang aneh karena memang penampang alam negara kita yang berada di deretan pengunungan gunung berapi membuat negara kita rentan terhadap bencana yang satu ini. Namun dengan banyaknya gunung berapi di negara kita, selain membuat bencana, nyatanya gunung-gunung berapi itulah yang kemudian membuat negara kita menjadi sebuah negara yang subur. Sehingga memang, tentunya kita patut mensyukurinya.

Hadirin sekalian yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah.

Melihat banyaknya gunung meletus yang sering terjadi, tentunya pemahaman mengenai bagaimana dan hal-hal apa yang meski dilakukan ketika gunung meletus terjadi tentunya akan sangat penting untuk diketahui. Sehingga pada kesempatan kali ini disini kami akan memberikan sedikit hal-hal terkait gunung meletus.

Satu hal yang diketahui, khususnya bagi mereka yang tinggal disekitar gunung berapi adalah mengetahui tanda-tanda ketika gunung akan meletus. Ketika gunung berapi akan meletus, biasanya alam telah memberikan petunjuk yang sangat jelas diantaranya turunnya binatang yang berada di atas gunung, hawa yang semakin panas, sering terjadi gempa, dan munculnya suara gemuruh yang berasal dari gunung. Jika ciri-ciri tersebut telah muncul ada baiknya jika anda segera pindah atau mengevakuasi diri yang biasanya telah di koordinasi oleh pihak-pihak terkait. Ketika gunung meletus tiba, maka tentunya anda tidak boleh berada di area gunung yang sedang meletus. Karena memang tidak ada alat pengaman apapun yang dapat menyelamatkan anda dari ganasnya gunung meletus, sehingga jika memang telah mendapatkan perintah dari pemerintah mengungsi sebaiknya anda mengikutinya dengan tertib. Dan sebaiknya jangan kembali ke rumah anda ketika memang keadaan belum dikatakan aman.

Ketika anda sedang mengungsi, ada baiknya untuk membawa sedikit bekal khususnya tanda pengenal dan hal-hal yang sekiranya penting. jika memang memiliki keluarga di luar wilayah yang tidak terkena dampak bencana, ada baiknya anda menginap di tempatnya selama bencana terjadi.

Hadirin sekalian yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah.

Demikian saja yang dapat saya sampaikan, kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Wal Hidayah.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.