Naskah Pidato Tentang Gempa Bumi

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Naskah Pidato Tentang Gempa Bumi

Naskah pidato tentang gempa bumi - Seringnya terjadi banyak kejadian bencana alam khususnya untu bencana alam gempa bumi memang seringkali banyak menimbulkan korban jiwa. Selain itu juga, gempa bumi merupakan salah satu jenis bencana yang tidak bisa diprediksi seperti bencana-bencana alam yang lain seperti gunung meletus atau banjir. Sehingga memang tatkala gempa bumi tersebut secara tak sengaja terjadi ada baiknya jika kita mempersiapkan dulu dan juga langkah-langkah apa saja yang meski dilakukan saat gempa bumi datang. Untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas lagi, maka untuk itu disini kami akan mencoba memberikan sedikit informasi melalui salah satu contoh naskah pidato tentang gempa bumi.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pertama-tama marilah kitamemanjatkan rangkaian puja dan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan karuniaNya sehingga kita masih diberikan keselamatan dan kesehatan. selanjutnya shalawat serta salam akan selalu senantiasa kita haturkan kepada junjungan nabi kita nabi besar Muhammad SAW yang telah senantiasa mencurahkan semua usianya untuk memikirkan umatnya.

Hadirin sekalian yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah.

Hingga detik ini, bumi merupakan satu-satunya planet yang ada di alam semesta ini yang layak untuk dihuni oleh makhluk hidup. Sehingga memang pengetahuan mengenai bumi dan segala isinya akan menjadi salah satu hal yang sangat penting demi keberlangsungan hidup makhluk hidup itu sendiri. namun tentu saja, manusia sebagai makhluk yang hanya memiliki keterbatasan, sehebat apapun dia tetap saja masih belum sanggup untuk menguak segala rahasia yang ada di muka bumi ini salah satunya adalah gempa bumi.

Begitu kita berbicara mengenai gempa bumi maka yang akan terlintas dalam benak kita merupakan suatu kejadian dimana bumi yang kita pijak ini bergetar atau bergoyoang dan bila getaran tersebut berskala besar dapat menimbulkan bencana. Dalam ilmu geologi, munculnya gempa bumi itu sendiri disebabkan karena adanya pergerakan pada kerak bumi yang biasanya disebabkan oleh dua jenis yaitu akibat aktivitas magma atau yang sering disebut sebagai gempa bumi vulkanik. Dan juga akibat dari pergeseran lempang-lempeng tektonik atau yang sering disebut sebagai gempa tektonik.

Meskipun kita telah cukup memiliki banyak informasi mengenai penyebab gempa bumi dan akibat yang akan ditimbulkan bahkan kita juga telah memiliki alat untuk mengukur seberapa besar kekuatan getaran dari gempa bumi itu sendiri, namun hingga saat ini masih saja belum dapat diketahui secara pasti mengenai tanda-tanda kapan gempa bumi itu akan terjadi.

Hadirin sekalian yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah.

Namun terlepas dari kapan datangnya gempa bumi, maka alangkah lebih baik jika kita telah mengetahui sebenarnya mengenai persiapan apa yang meski dilakukan sebelum terjadi, pada saat terjadi gempa dan apa yang harus kita lakukan saat gempa datang.

Untuk mempersiapkan jika gempa bumi datang tiba-tiba maka sebelumnya anda harus mengenal betul lingkungan sekitar anda. begitu terasa gempa bumi datang maka larilah ke tempat yang lapang yang tidak banyak ditemukan bangunan atau benda-benda yang nantinya akan menjatuhi anda. bila ternyata anda berada di dalam rumah, bersembunyilah di kolong meja. Namun yang pasti yang harus anda lakukan adalah jangan panik. Karena panik malah akan semakin meningkatkan resiko anda menjadi korban.

Hadirin sekalian yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah.

Kiranya hanya sekian saja yang dapat saya sampaikan.

Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Wal Hidayah.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Naskah Pidato Tentang Gempa Bumi