Naskah Pidato Tentang Zakat Fitrah

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Naskah Pidato Tentang Zakat Fitrah

Naskah pidato tentang zakat fitrah - Sebagai seorang muslim tentu kita tahu betul bahwa setiap muslim laikmaupun yang perempuan, baik yang sudah baligh maupun yang belum baligh diwajibkan untuk membayar zakat setiap tahunnya untuk membersihkan diri. Namun tentunya konsep zakat tak hanya sekedar sebagai alat untuk menyucikan diri saja, namun yang lebih penting lagi dari itu zakat ternyata merupakan sebuah bentuk kepekaan Islam terhadap kehidupan sosial. melihat hal tersebut, maka kami disini akan mencoba memberikan sedikit gambaran tersebut melalui salah satu contoh naskah pidato tentang zakat fitrah berikut ini.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pertama-tama marilah kita sekalian untuk terlebih dahulu memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allag SWT yang telah memberikan rahmat dan karuniaNYa sehingga kita semua yang hadir disini pada khususnya masih diberikan limpahan rejeki dan nikmat yang tiada terkira. Tak hanya itu saja, tentunya kita juga akan menghaturkan shalawat serta salam kepada junjungan kita nai besar Muhammad SAW yang telah memberikan petunjuk dan petuah, sehingga kita dapat menjadi umat yang mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Hadirin sekalian yang dirahmati oleh Allah.

Ketika bulan Ramadhan datang, kita seolah diingatkan tentangs alah satu syariat Agama Islam yang harus kita laksanakan yaitu zakat fitrah. Ketentuan zakat fitrah sendiri pastinya hampir semua umat muslim paham karena setiap tahunnya kita secara rutin telah mengeluarkannya sesuai dengan jumlah orang yang ada dalam keluarga kita. secara harfiah seringkali zakat fitrah ini merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh umat muslim yang mampu secara tingkat ekonominya yang bertujuan untuk membersihkan orang yang berpuasa dari segala dosa. Namun jika kita lebih dalam lagi dalam mengkajinya, maka kita akan semakin sadar dan paham, bahwa makna zakat fitrah mencakup kawasan yang lebih luas yang tak hanya memiliki maksud kepada diri pemberi zakat fitrah sendiri, namun lebih dari itu, zakat fitrah merupakan sebuah realisasi ajaran agam Islam yang begitu peduli dengan ranah sosial. sehingga pada akhirnya, agama Islam akan menjadi sebuah agama yang menjadi pelopor dalam menegakkan solidaritas dan juga keadilan sosial yang merata untuk seluruh lapisan masyarakat.

Hadirin sekalian yang dirahmati oleh Allah..

Secara falsafah, zakat fitrah akan dapat mengurangi bentuk kesenjangan antara yang miskin dengan yang kaya. Sehingga pada akhirnya nanti, zakat fitrah merupakan salah satu penyokong terbentuknya suatu kesejahteraan di tengah-tengah masyarakat yang tak hanya menyentuh orang-orang berada saja namun mampu menyentuh orang-orang yang biasanya menjadi kaum marginal yang tak pernah tersentuh dan terlupakan. Sehingga melihat hal tersebut, kita tentunya akan semakin sadar bahwa agama yang kita anut ini merupakan sebuah agam yang begitu kompleks yang mengurusi seluruh aspek kehidupan dan membela kaum-kaum yang berada di dalam strata masyarakat yang paling rendah sekalipun.

Hadirin sekalian yang dirahmati oleh Allah.

Kiranya hanya cukup sekian saja yang dapat saya sampaikan. Apabila ada kekurangan yang muncul dalam pidato saya tadi, maka sesungguhnya hal tersebut merupakan datangnya dari diri saya pribadi, maka untuk itu saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Namun bila terdapat hal-hal yang sekiranya bermanfaat, maka sesungguhnya hal tersebut terjadi berkat petunjuk dari Allah SWT.

Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Wal Hidayah.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Naskah Pidato Tentang Zakat Fitrah