Naskah Pidato Tentang Demokrasi

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

25 April 2016

Naskah Pidato Tentang Demokrasi

Naskah pidato tentang demokrasi - Jika kita berbicara menegnai demokarsi maka kita juga akan berbicara mengenai kebebasan untuk berpendapat. Namun bagaimana sebenarnya tepatnya kehidupan berdemokrasi tersebut yang benar memang masih banyak yang mempertanyakannya. Untuk itu disini kami akan mencoba memberikan sedikit pemahaman mengenai demokrasi dengan memberikan salah satu contoh naskah pidato tentang demokrasi yang semoga dapat kita ambil manfaatnya.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pertama-tama tentunya tak lupa marilah kita sekalian untuk terlebih dahulu meluangkan waktu sejenak untuk mengucapkan rangkaian puji syukur kehadirat Allah SWT. Karena berkat kasih dan sayangNya maka kita semua yang ada disini masih diberikan umur yang panjang, kesehatan yang baik, rejeki yang berlimpah serta ketetapan Iman dan juga Islam. Selanjutnya tentunya tak lupa juga shalawat serta salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita nabi besar Muhaammad SAW yang telah menjadi suri tauladan kepada kita semua sehingga kita memperoleh sosok teladan yang paling mulia dimuka bumi ini.

Hadirin sekalian yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah SWT.

Dewasa ini nampaknya banyak negara-negara yang merasa latah untuk menerapkan sistem demokrasi dalam negara mereka karena dianggap sebagais alah satu sistem yang paling baik karena dalam demokrasi pemerintahan yang tertinggi berada di tangan rakyat. Sehingga dengan cara seperti maka diharapakan semua aspek dalam masyarakat juga memiliki hak untuk turut membangun bangsa dan bukan hanya sebatas dari para penguasa saja. Namun nampaknya dengan berjalannya waktu makna demokrasi yang secara haqiqi juga sepertinya mengalami perubahan. Demikian juga Indonesia, bangsa kita ini juga turut dalam menerapkan sistem demokrasi. Di Indonesia sendiri, penerapan sistem demokrasi sendiri telah mulai diterapkan sejak awal kemerdekaan. Tentunya diharapkan demokrasi yang diterapkan di Indonesia harus sejalan dengan nilai-nilan Pancasila dan karakter bangsa Indonesia. namun nampaknya apa yang diinginkan dari harapan awal ketika mulai merdeka tersebut nampaknya tak benar-benar dijalankan dengan sungguh.

Hadirin sekalian yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah SWT.

Demokrasi yang diharapkan akan membawa perubahan yang lebik baik malah memberikan kesengsaraan bagi rakyat sehingga pada akhirnya muncullah berbagai penolakan-penolakan dari beberapa aspek masyarakat. Hal ini karena nampaknya demokrasi yang berjalan di negara kita masih hanya sebatsa pada tahap demokrasi prosedural saja dan belum pada tahap demokrasi substansialnya. Karena memang jika melihat secara proseduralnya negara kita memang negara demokrasi namun kenyataannya masih banyak substansi demokrasi yang belum terpenihu dalam demokrasi yang diterapkan oleh bangsa kita. Dan tentunya catatan-catatan buruk dalam sistem demokrasi yang ada di negara kita ini harus perlahan-lahan mulai dibenahi dan muali dicarikan solusinya. Sehingga banyaknya persoalan-persoalan yang muncul akibat dari adanya sistem demokrasi ini harus segera diperbaikai bahkan kemudian perlu digugat.

Tak hanya itu saja, kita sebagai bangsa yang besar tentunya juga harus mulai untuk belajar untuk menemukan konsep demokrasi yang benar-benar idel untuk bangsa kita sehingga nantinya tidak akan ada lagi yang namanya penolakan-penolakan terhadap jalannya sistem demokrasi itu sendiri dan juga diharapkan demokrasi tersebut dapat berjalan sesuai dengan semestinya dan sesuai dengan tujuannya yang benar.

Hadirin sekalian yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah SWT.

Kiranya hanya cukup sekian saja yang dapat saya sampaikan, apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan maka saya mohon maaf.
Akhirul kalam.

Waabillahi Taufiq Wal Hidayah.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuhs