Naskah Pidato Tentang Budaya

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Naskah Pidato Tentang Budaya

Naskah pidato tentang budaya - Dengan semakin maraknya budaya asing yang masuk kedalam negara kita. Tentunya satu-satunya cara agar kita masih tetap teguh kedalam jati diri bangsa yang sebenarnya adalah dengan cara melestarikan budaya kita sendiri. namun sayangnya hal tersebut terkadang kurang disadari oleh masyarakat kita khususnya generasi muda yang memang lebih mudah untuk terpengaruh. Melihat kondisi tersebut maka disini kami mencoba menghadirkan salah satu contoh naskah pidato tentang budaya yang dapat digunakan sebagai salah satu materi pidato dalam rangka menyadarkan generasi bangsa kita untuk lebih perhatian dengan budaya lokal.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Marilah pertama-tama kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT supaya kita paham betul bahwa ternyata Allah telah memberikan limpahan nikmat dan rahmatNya kepada kita dengan sangat berlimpah. Tak lupa juga tentunya marilah kita haturkan shalawat dan juga salam kepada nabi Muhammad SAWyang telah mengeluarkan kita semua umatnya keluar dari jaman kebodohan.

Seluruh hadirin wal hadirat yang berbahagia.

Dengan semakin majunya peradaban dunia ini ditambah dengan adanya sistem pasar bebas yang ada sekarang ini akan semakin memudahkan pengaruh luar untuk masuk kedalam bangsa kita. Sehingga memang melestarikan budaya nasional berikut warisannya menjadi tanggung jawab dan kewajiban seluruh bangsa. Seperti yang kita ketahui bahwa bangsa kita memiliki ragam kebudayaan yang sangat banyak dan bahkan akan sangat sulit untuk dapat dihitung dengan jari. Sehingga kesadaran untuk melestarikan budaya nasional dan budaya lokal memang harus ada pada diri setiap penduduk bangsa Indonesia. karena memang kebudayaan merupakan harta yang sangat berharga yang dimiliki oleh setiap bangsa.

Seluruh hadirin wal hadirat yang berbahagia.

Kebudayaan bukanlah suatu hal yang dapat dengan mudah kita ciptakan. Bahkan terbilang membutuhkan waktu yang lama untuk dapat dikatakan sebagai budaya. Karena dalam budaya tersebut terselip sebuah cerita, sebuah sejarah dan sarat akan makna dan tidak dapat diciptakan dengan cara instan. Sehingga ketika kita telah memiliki suatu kebudayaan tertentu maka kita harus mempertahankannya. Bahkan bisa dikatakan kebudayaan bisa digunakan sebagai identitas dan ciri khas dari suatu bangsa, sehingga jika kebudayaan tersebut telah hilang maka bisa dikatakan ciri khas atau identitas bangsa tersebut juga turut hilang.

Seluruh hadirin wal hadirat yang berbahagia.

Mengingat betapa pentingnya sebuah budaya bagi bangsa, maka marilah kita sekalian bersatu padu untuk saling melestarikan budaya kita dengan sepenuh hati. Kita jangan hanya mau bergerak ketika telah ada negara lain yang ada yang mencuri baru kita berteriak bahwa itu adalah buadaya kita. Namun sejak dini, mari kita tunjukkan kepada dunia bahwa budaya tersebut merupakan budaya kita. Jangan sampai kejadian Reog Ponorogo, batik dan juga keris yang jelas-jelas merupakan budaya peninggalan nenek moyang kita yang diklaim negara lain terulang lagi. sekarang sudah waktunya bagi kita, khususya generasi muda untuk terus mengolah budaya kita dengan tanpa menghilangkan keorisinilannya. Dan tentunya sebagai generasi muda akan lahir banyak sekali ide-ide kreatif yang akan dimunculkan sebagai upaya untuk terus melestarikan budaya nasional dan budaya lokal.

Kiranya tak banyak lagi kata-kata yang dapat saya sampaikan. Apabila dalam penyampaian saya tadi terdapat banyak tutur kata yang kurang sopan dan menynggung hadirin sekalian maka saya mohon yang besar-besarnya.

Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Walhidayah.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Naskah Pidato Tentang Budaya