Naskah Pidato Tentang Budaya Indonesia

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Naskah Pidato Tentang Budaya Indonesia

Naskah pidato tentang budaya Indonesia - Jika kita berbiacara mengenai kebudayaan Indonesia maka tentunya tak akan ada habis-habisnya. Hal ini karena memang Indonesia memiliki banyak sekali budaya-budaya, baik dari bahasanya, busananya, tariannya, nyanyainnya dan masih banyak lagi. Terlebih lagi negara kita yang berbentuk kepulauan yang cukup luas membuat banyak kebudayaan akhirnya terbentuk dengan sendirinya. Mengingat pentingnya pembahasan mengenai budaya Indonesia, maka pada kesempatan kali disini kami akan mencoba untuk memberikan salah satu contoh naskah pidato tentang budaya Indonesia.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama-tama marilah kita sekalian untuk terlebih dahulu memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena berkat karunia serta rahmatNya kita semua masih diberikan umur yang panjang dan kesehatan, sehingga pada pagi hari ini kita masih diperkenankan untuk dapat berkumpul dalam acara yang bermanfaat ini. shalawat serta salam juga tak akan pernah kita lewatkan untuk kita haturkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang telah memberikan petunjuk kepada menuju jalan keselamatan fiddunya wal akhirat.

Seluruh hadirin yang berbahagia.

Indonesia merupakan salah satunegara yang terkenal akan kekayaan alam dan budayanya. Bahkan menurut sebuah penelitian, bangsa kita memiliki lebih dari 20 suku yang tersebar di seluruh pelosok nusantara dan lebih dari 100 budaya yang telah lahir dalam bangsa kita ini. namun nampaknya kekayaan budaya yang kita miliki tersebut, semakin lama seiring dengan masuknya budaya asing yang terus masuk dan juga perubahan arus globalisasi membuat kebudayaan kita seolah-olah menjadi budaya yang ketinggalan jaman. Sehingga pada akhirnya banyak orang yang kemudian meninggalkannya secara perlahan-lahan. Bahkan generasi sekarang ini lebih mengenal kebudayaan asing dibandingkan dengan kebidayaan daerahnya sendiri. mereka akan dengan mudah menyanyikan sebuah lagu dari artis-artis internasional, daripada menyanyikan lagu daerah mereka sendiri. tak hanya itu saja, ketika belanja pun terkadang masih banyak orang yang memilih menggunakan budaya negara lain dibandingkan dengan budaya kita sendiri. tetapi ketika ada negara lain yang kemudian mengambil budaya kita, barulah kita menyadarinya bahwa ternyata apa yang selama ini ditelantarkan merupakan sebuah harta yang berharga. Tentunya ini merupakan suatu kondisi yang sangat memprihatinkan.

Seluruh hadirin yang berbahagia.

Melihat keadaa tersebut, kita sebaga generasi muda yang bertugas untuk meneruskan cita-cita generasi terdahulu harus mulai sadar dan mulai berbenah. Bangsa kita tentunya tak menginginkan harta kekayaannya dicuri dan diambil oleh bangsa lain. Kita tentunya menginginkan bahwa budaya yang kita miliki ini akan diakui oleh negara lain bahwa hal tersebut benar-benar miliki kita. Sehingga kita harus mulai mengubah pandangan kita mulai dari sekarang. Kita harus mulai mempelajari budaya-budaya kita sendiri. dan tentunya kita juga harus malu ketika banyak warga asing yang terkadang malah lebih mahir dari kita dan lebih paham tentang budaya kita dibandingkan dengan kita sang pemilik. Sehingga penting memang untuk menanamkan pemahaman kepada generasi muda tentang arti penting budaya nasional kita. sehingga mereka yang awalnya bangga dengan produk buatan luar negeri akan mulai mencintai dan menggunakan produk-produk dalam negeri. Dan tentunya kita juga harus lebih kreatif lagi untuk memajukan budaya lokal kita yang dapat diintegrasikan dengan teknologi modern tanpa mengurangi ciri khas dari kebudayaan itu sendiri.

Seluruh hadirin yang berbahagia.

Cukup sekian, kurang lebihnya saya mohon maaf.
Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Walhidayah.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.