Naskah Pidato Tentang Batik

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

25 April 2016

Naskah Pidato Tentang Batik

Naskah pidato tentang batik - Melihat beberapa kejadian beberapa waktu lalu yaitu dengan adanya budaya kita yang diklaim bangsa lain, tentunya penting dimengerti oleh masyarakat kita bahwa melestarikan budaya merupakan sautu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karena budaya bisa dikatakan sebagai salah satu identitas suatu bangsa. Melihat hal tersebut, maka pada kesempatan kali ini, kami aakn mencoba menghadirkan salah satu contoh naskah pidato tentang batik yang dapat digunakan sebagai salah satu materi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Terlebih dahulu marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah senantiasa memberikan nikmat dan rahmatNya sehingga pada kasempatan yang berbahagia ini kita semua masih diberikan kesempatan untuk dapat berkumpul dan bersilaturahmi dalam keadaan sehat wal afiat. Tidak lupa juga tentunya shalawat serta salam akan selalu ita haturkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang telah memberikan penerangan kepada kita sehingga kita semua yang ada disini dapat melihat jalan keselamatan.

Hadirin seiman dan seagama yang dimuliakan oleh Allah.

Beberapa waktu lalu bangsa kita dihebohkan oleh pengeklaiman budaya reog Pnorogo dan Keris oleh negara lain. Bangsa kita menjadi heboh dan kebakaran jenggot karena merasa telah dicurangi. Jika kita lebih bijka tentunya itu juga tak sepenuhnya menyalahkan negara lain. Namun tentu kita juga harus instrospeksi kepada diri kita sendiri tentang seberapa besar sebenarnya kita telah menjaga warisan budaya dari nenek moyang?. Apakah kita benar-benar telah melakukan upaya yang optimal dalam usaha melestarikan budaya-budaya bangsa kita?. Sehingga dengan mengaca kepada diri tersebut diharapkan kejadian yang sama tak akan terulang lagi.

Hadirin seiman dan seagama yang dimuliakan oleh Allah.

Satu lagi peninggalan warisan bangsa yang telah meleganda di dunia internasional adalah batik. Jangan sampai juga batik yang merupakan budaya asli bangsa kita nantinya akan diklaim sebagai budaya negara lain. Nampaknya beberapa kasus pengeklaiman budaya kita oleh bangsa lain, membuat bangsa kita kemudian memberikan proteksi dan langkah-langkah besar untuk menegaskan kepada dunia bahwa batik merupakan budaya asli Indonesia. hal tersebut terlihat dengan adanya pelaksanaan hari Batik yang memiliki tujuan untuk mengajak setiap orang menggunakan batik. Tentunya ini merupakan salah satu langkah yang cukup bagus sebagai salah satu langkah untuk membudayakan batik dan melestarikan batik itu sendiri. dan nampaknya langkah tersebut memang terbilang cukup sukses. Hal ini terlihat dari banyak generasi muda yang kemudian meluangkan kreatifitasnya sehingga batik sekarang ini dapat berkembang.

Sekarang ini batik tak lagi dianggap sebagai pakaian “orang-orang tua” namun ternyata batik juga ramah dan dapat digunakan untuk kalangan remaja bahkan anak kecil. Ini tentu saja tak terlepas dari adanya keratifitas para generasi muda yang menuangkan idenya, sehingga batik dapat dijadikan sebagai salah satu pakaian yang fashionable. Bahkan beberapa perancang baju tanah air juga telah mulai menggunakan batik dalam busana yang mereka rancang. Tak hanya busana saja, batik ternyata juga telah banyak digunakan untuk aplikasi lain seperti sandal, jam, tas dll.
Hadirin seiman dan seagama yang dimuliakan oleh Allah.

Kiranya hanya sekian saja yang dapat saya sampaikan. Ingatlah bahwa sekarang ini batik memang telah mendunia, namun bukan beraryi tuga kita telah selesai.
Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Walhidayah.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.