Pidato Pembukaan Acara Workshop

Pidato pembukaan acara workshop – Melakukan sambutan di depan umum memang tak semudah seperti apa yangd dibayangkan. Bahkan terkadang bagi oarng yang telah terbiasa sekalipun akan grogi juga jika audiens yang dihadapi juga berbeda. Sehingga memang saat akan melakukan sambutan atau pidato akan lebih baik jika dipersiapkan terlebih dahulu secara matang khususnya materi apa yang nantinya akan disampaikan. Sehingga membaca beberaoa contoh pidato memang diperlukan. Dan kali ini kami akan memberikan salah satu contoh pidato pembukaan acara workshop dengan tema sastra.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang saya hormati….

Yang kami hormati seluruh sastrawan dan seluruh perwakilan media massa seluruh wilayah …

Yang saya hormati pemateri workshop

Dan yang saya banggakan seluruh peserta workshop.

Mengawali workshop kali ini marilah kita bersama-sama terlebih dahulu kita memanjatkan puji syukur kehadirta Allah SWT karena atas segala limpahan rahmatNya kita semua daat berkumpul dalam rangka a menghadiri acara workshop pada pagi hari ini dalam keadaan sehat wal afiat dan tanpa aral suatu apapun.

Hadirin sekalian yang dimuliakan oleh Allah.

Disini saya mewakili seluruh panitia acara workshop…. mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada seluruh undangan, pembicara, sponsor, rekan-rekan panitia dan seluruh peserta acara workshop pada pagi hari ini.

Workshop pada pagi hari ini diselenggrakan sebagai salah satu bentuk keprihatinan kita atas berkurangnya keintenans media massa dalam perkembangan karya sastra yang ada di wilayah …Padahal kita tahu betul bahwa pada dasarnya media massa memiliki peran yang begitu penting dalam mengembangkan karya sastra itu sendiri. dan salah satu hal yang dapat menunjang keberhasilan media massa untuk dapat turut serta dalam mengembangkan karya sastra adalah dengan menempatkan keberadaan sastrawan pada media itu sendiri. jika kita melihat dengan cermat sebenarnya media massa di wilayah… bisa terbilang sangat cepat dan berkembang dengan pesat, namun sayangnya media massa di … masih kurang begitu berperan dalam mengembangkan karya sastra. Sehingga memang tujuan diadakannya workshop ini sendiri tak hanya memberikan informasi mengenai sastra dan media massa, namun juga diharapkan mampu ,menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat bahwa media massa memang memiliki peran yang sangat vital dalam mengembangkan karaya sastra. Disampng itu juga diharapkan workshop ini juga mampu memberikan sedikit solusi agar sastra dalam media dapat berjalan dengan baik.

Seluruh hadirin peserta workshop yang berbahagia.

Melihat pentingnya workshop pada pagi hari ini, maka diharapkan untuk seluruh peserta untuk memanfaatkan kesempatakan kali ini sebaik-baiknya. Janganlah malu untuk bertanya jika memang nantinya dalam kegiatan workshop banyak-banyak hal-hal yang tidak dimengerti dan perlu untuk ditanyakan. Sehingga pada akhirnya nanti, workshop ini pun dapat berjalan dengan dinamis. Dan ketika nanti kegiatan ini telah selesai, dan saudara-saudara sekalin beranjak pulang ke tempat masing-masing, maka dibenak kita semua akan muncul tentang bagaimana cara untuk mengembangkan sastra melalui media massa. dan pada akhirnya hal tersebut akan membuat dunia kesastraam di wilayah kita ini semakin maju dan akan lebih bagus lagi jika daerah kita menjadi wilayah yang menjadi pusat sastra nasional.

Hadirin sekalian,

Kiranya cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Dengan mengucapkan “ Bismillahiraohmanirrohin” maka workshop sastra dengan tema ….. ini dapat secara resmi kita buka dan kita mulai.

Wabillahi Taufiq Wal Hidayah. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh