Pidato Acara Duka Cita Pada Orang Yang Telah Meninggal

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Pidato Acara Duka Cita Pada Orang Yang Telah Meninggal

Pidato acara duka cita – Kehidupan dan kematian seseorang memang tidak ada yang dapat mengetahuinya secara pasti. Kematian akan datang begitu telah ditakdirkan. Dan tentunya itu hanya bisa kita terima tanpa bisa melawan dan melakukan apa. Bagi yang masih hidup tentunya yang bisa dilakukan hanya melakukan rangkaian acara pemakaman. Terkadang dalam sebuah acara pemakaman seringkali terdapat beberapa kata-kata sambutan. Jika kebetulan anda diberikan tanggung jawab untuk mengemban tugas tersebut tentunya harus dipersiaokan secara matang. Terlebih lagi dalam acara tersebut akan diselimuti suasana duka yang begitu mendalam,sehingga tentunya apa yang akan disampaikan nantinya juga perlu dipersiapkan agar tidak menimbulkan hal-hal yang tak diinginkan. Untuk itu berikut ini kami berikan salah satu contoh pidato acara duka cita yang dapat anda gunakan.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Seluruh hadirin yang saya hormati.

Tentunya kita semua tahu betul bahwa setiap makhluk yang hidup akan mengalami kematian. Karena memang tidak ada sesuatu hal di dunia ini yang kekal. Hal ini telah dijelaskan dalam Kitab Suci AL Quran dalam QS AL Jumuah ayat 8 yang berbunyi :

Katakanlah: "Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, Maka Sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan".

Dalam firman Allah yang lain, dalam QS AL Munafiqun ayat 11 juga menyebutkan :

dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah datang waktu kematiannya. dan Allah Maha Mengenal apa yang kamu kerjakan.

Melihat hal ini tentu saja kita sebagai salah satu makhluk hidup harus bersiap dan menerima kala kematian itu datang. Dan tatkala salah satu anggota keluarga kita terpaksa mendahului kita hendaknya kita semua bersabar dan tidak terlarut-larut dalam kesedihan.
Hadirin sekalian.

Bagi umat Islam tentunya kematian bukanlah sesuatu hal yang buruk sehingga harus sebisa mungkin dihindari. Karena pada dasarnya kematian itu sendiri malah akan mendorong kita ke arah kebaikan. Sadar atau tidak dengan adanya kematian, maka kita menjadi orang yang senantiasa berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan, tak hanya itu saja, bagi seorang muslim kematian merupakan salah satu pintu gerbang untuk memasuki kebahagiaan yang hakiki. Disamping itu, dengan adanya kematian juga dapat dijadikan sebagai salah satu alat untuk menahan kita dari hal-hal yang tidak baik. Sehingga dengan hal ini, kita yang masih hidup harus senantiasa untuk mempersiapkan datangnya kematian. Hal ini dilakukan agar nantinya ketika kematian itu datang, kita dalam keadaan khusnul khotimah.

Hadirin yang senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

Kiranya hanya sekian yang dapat saya sampaikan. Sebelum saya mengakhiri sambutan saya kali ini saya mengucapkan turut berbela sungkawa atas meninggalnya saudara (...). semoga segala amal ibadah yang dilakukanya selama hidup dapat diterima oleh Allah SWT dan ia pun akan mendapatkan tempat yang layak di sisiNya. Dan bagi keluarga yang ditinggalkan, semoga diberikan kesabaran. Terima kasih dan saya mohon maaf atas segala kekurangan.

Wabillahi Taufiq Wal Hidayah. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tags :

Pidato Acara Duka Cita Pada Orang Yang Telah Meninggal