Pidato Acara Bulan Ramadhan Nuzulul Quran

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Pidato Acara Bulan Ramadhan Nuzulul Quran

Pidato acara bulan ramadhan – Bulan ramadhan memang memang bulan yang istimewa. Salah satu keistimewaan yang terdapat pada bulan Ramdhan adalah dimana di bulan tersebut terdapat salah satu hari yang istimewa tepatnya tanggal 17 ramadhan sebagai hari turunnya AL Quran. Sehingga tak heran jika waktu turunnya AL Quran ini seringkali diadakan sebuah acarac khusus berupa pengajian atau yang lainnya. dan tentunya dalam acara tersebut tidak menutup kemungkinan anda mndapatkan amanat sebagai salah seorang yang harus melakukan pidato acara bulan ramadhan di acara Nuzulul Quran. Untuk itu berikut kami berikan salah satu contoh pidato untuk acara Nuzulul Quran.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang paling utama, tentunya rasanya kata yang paling pantas untuk mengawali pidato saya pada kesempatan kali ini adalah ucapan puji syukur kehadirat Allah SWT karena berkat Rahmat dan nikmatNya kita semua masih diberikan kesempatan untuk saling bertatap muka bahkan kita masih diberikan kesempatan untuk dapat melakukan ibadah puasa bulan Ramadhan di tahun ini. sholawat serta salam juga tentunya tak henti hentinya selalu kita panjatkan ke junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang telah menjadi sosok yang akan selalu kita jadikan sebagai sosok panutan hingga akhir jaman.

Hadirin kaum muslimin dan muslimat yang senantiasa dalam lindungan Allah SWT.
Kita semua paham betul bahwa pada malam kemuliaan di malam ke 17 bulan Ramadhan Allah telah memerintahkan kepada Malaikat Jibril untuk menurunkan kitab suci terakhir kepada nabi Muhammad SAW. Hal ini sesuai dengan apa yang difirmankan Allah pada QS Al Qadr ayat 1-5:


إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1
وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2)
لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3
تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4
سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5

Terjemahan Surat al-Qadr ayat 1-5

1. Sesungguhnya kami Telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan [*].
2. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
4. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.
5. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.

Melihat firman Allah tersebut tentunya kita bisa menarik kesimpulan bahwa kitab Al Quran diturunkan di malam Lailatul Qadr. Dan malam Lailatur Qadr sendiri merupakan salah satu malam kemuliaan karena malam itu merupakan malam yang lebih baik daripada 1000 bulan sekalipun.

Jamaah pengajian Nuzulul Quran yang dirahmati oleh Allah.

Tentunya perayaan malam Nuzulul Quran apada malam hari ini bukan hanya sekedar sebagai sebuah peringatan untuk mengenang peristiwa paling bersejarah saja karena memang turunnya AL Quran bukan ditujukan hanya untuk sekedar diperingati saja, namun lebih penting lagi tentunya ini harus kita jadikan sebagai salah satu moment untuk mengingatkan seluruh umat Islam tentang arti penting dari AL Quran itu sendiri yang tentunya harus kita tadabburi dan terlebih lagi akan lebih baik jika segala tindak tanduk kita semua akan dikiblatkan kepada AL Quran. Dengan langkah ini maka tentunya segala kehidupan di muka bumi ini akan damai dan penuh Rahmat.

Demikian uraian singkat yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat banyak kata-kata yang kurang berkenan di hati saudara-saudara muslim sekalian, kami mohon maaf.

Wabillahi Taufiq Wal Hidayah. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tags :

Pidato Acara Bulan Ramadhan Nuzulul Quran