Naskah Pidato Tentang Lingkungan

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Naskah Pidato Tentang Lingkungan

Naskah pidato tentang lingkungan – Semakin parahnya keadaan lingkungan tempat tinggal kita sekarang ini khususnya bagi mereka yang berada di perkotaan. Maka penting untuk kita saling mengingatkan dan memberikan informasi tentang pentingnya menjaga lingkungan di sekitar. Salah satu cara yang paling efektif untuk mensosialisasikan pentingnya menjaga lingkungan dan kondisi lingkungan yang semakin mengkhawatirkan adalah dengan cara berpidato pada kesempatan-kesempatan tertentu. Seiring dengan tujuan tersebut, maka disini kami akan mencoba memberikan salah satu contoh naskah pidato tentang lingkungan yang dapat anda manfaatkan sebagai salah satu bahan berpidato jika suatu saat anda membutuhkannya.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tak lupak kita sebagai umat yang beriman tentunya penting untuk kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan banyak-banyak rahmat, hidayah, taifiq serta inayahNya sehingga hingga detik ini kita semua masih diberikan keteguhan Iman dan Islam. Tak lupa juga shalawat serta salam tentunya juga akan senantiasa kita haturkan kepada hamba mulia, Nabi akhir jaman Muhammad SAW yang telah memberikan petunjuknya sehingga kita dapat terbebas dari jaman yang penuh kebodohan atau jahiliah.

Kaum muslimim wal muslimat yang senantiasa berbahagia.

Islam sebagai agama yang komprehensif memang telah mengatur segala aspek kehidupan du muka bumi ini. tak hanya mengatur hubungan antara hamba dengan Sang Penciptanya, namun juga mengatur tentang manusia terhadap lingkungan yang ditempatinya. Banyak sekali ayat-ayat Al Quran dan hadist-hadist yang membahas tentang lingkungan.

Dalam QS AL Ahzab ayat 72 dijelaskan bahwa

"Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat[1233] kepada langit, bumi dan gunung-gunung, Maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu Amat zalim dan Amat bodoh"

Dalam firman Allah tersebut terlihat jelas bahwa manusia memiliki amanat untuk menjaga dan melestarikan seluruh bumi dan isinya. Bukan malah merusaknya seperti sekarang ini. masusia sebagai khalifah di muka bumi ini diperintahkan untuk beribadah kepada Allah dan juga diperintahkan untuk berbuat kebajikan dan dilarang berbuat kerusakan.

Hal ini sesuai dengan firman Allah QS AL Qashas ayat 77 :

"dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan"

Kaum muslimim wal muslimat yang senantiasa berbahagia.

Dari beberapa keterangan di atas telah jelas bagaimana agama Islam ini menganjurkan umatNya untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Dan bila manusia melanggar aturan ini, maka jangan heran jika nanti akan muncul berbagai bencana dan kerusakan di bumi ini, yang pada akhirnya, manusialah yang akan menanggung akibatnya.

Kaum muslimim wal muslimat yang senantiasa berbahagia.

Demikian yang sapat saya sampaikan.
Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Walhidayah.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.