Naskah Pidato Tentang Idul Adha

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Naskah Pidato Tentang Idul Adha

Naskah pidato tentang idul adha - Ketika bulan Dhulhijah datang maka seluruh umat Islam di seluruh dunia kemudian akan bersiap-siap untuk menyambut salah satu peringatan hari raya Idul Adha. Dan biasanya pada hari-hari tersebut akan banyak para pemuka agama untuk diminta mengisi pidato atau ceramah untuk acara idul Adha. Untuk itu, jika anda masih kebingungan tentang apa yang akan disampaikan ketika khutbah Idul Adha, maka disini kami akan mencoba memberikan salah satu contoh naskah pidato tentang idul adha yang dapat anda manfaatkan.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tentunya kita sebagai hamba yang beriman dan bertqawa , tak akan pernah lupa untuk senantiasa mengucapkan puji syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT. Karena hanya berkat rahmat, taufiq, hidayah, karunia serta inayahNya, kita semua dapat berkumpul di acara idul Qurban pada pagi hari ini dengan penuh barokah. Tak lupa shalawat serta salam akan senantiasa kita haturkan kepada junjungan Nabi Akhir Jaman Muhammad SAW beserta para sahabat dan keluarganya serta seluruh umatNya hingga yaumul kiyamah.

Seluruh jamaah kaum muslim wal muslimat yang dirahmati oleh Allah.

Ketika hari raya Idul Qurban datang, maka bagi umat Islam yang memiki sisi ekonomi yang berlebih sangat dianjurkan untuk melakukan Qurban. Hal seperti apa yang telah dijelaskan dalam Firman Allah dalam QS AL Kautsar ayat 1-3 yang berbunyi :

1. Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.
2. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah[1605].
3. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu Dialah yang terputus[1606].

Seluruh jamaah kaum muslim wal muslimat yang dirahmati oleh Allah.

Tentunya hewan yang akan kita korbankan bukanlah semabarang hewan saja, namun memiliki syarat-syarat tertentu. Hal ini dikarenakan sebagai rasa hormat dan penghormatan tertinggi. Sehingga hewan yang nantinya akan dikorbankan memang harus benar-benar sehat. Terlebih lagi hewan yang dikorbankan tersebut nantinya akan dibagi-bagi kepada fakir miskin sehingga tentunya akan sangat baik jika hewan yang diniatkan untuk bersedekah merupakan hewan yang memiliki kualitas yang rendah.

Tentunya penyembelihan hewan qurban disini bukan hanya sekedar ritual penyembelihan hewan biasa. Namun didalamnya terkandung suatu nilai ibadah. Sehingga bagi mereka yang berqurban dengan hati yang ikhlas dan hanya mengharap Ridho Allah maka kelak di hari akhir akan dtimbang darahnya, bulunya, tandukanya, dan bahkan seluruh bagian tubuhnya dan sekaligus akan menjadi saksi untuk dirinya. Rosulullah SAW bersabda :

"Sembelihlah korban dan senangkanlah hatimu, sesungguhnya seorang muslim yang menghadapkan hewan-hewan sembelihnya ke kiblat, maka darah hewan itu, tanduknya dan bulunya semuanya merupakan kebajikan yang akan ditimbang pada hari kiamat."

Tentunya bukan suatu hal yang berlebihan jika qurban menjadi suatu ibadah yang begitu bermakna, karena memang idul qurban memiliki 2 aspek penting yaitu aspek peribadatan dan aspek kemasyarakatan.

Seluruh jamaah kaum muslim wal muslimat yang dirahmati oleh Allah.

Saya kira cukup sekian saja pidato yang dapat saya sampaikan di kesempatan idul Qurban kali ini dan mudah-mudahan apa yang saya sampaikan ini dapat berkenan di hati hadirin sekalian. Saya sampaikan banyak terima kasih atas segala perhatian yang diberikan dan mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan.

Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Walhidayah.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Naskah Pidato Tentang Idul Adha