Naskah pidato tentang hari pahlawan

Naskah pidato tentang hari pahlawan – bagi bangsa Indonesia tanggal 10 November merupakan tanggal yang begitu bermakna. Karena di hari itu akan diperingati sebagai hari Pahlawan. 10 November akan mengingatkan kita tengang bagaimana perjuangan para pahlawan bangsa kita dalam memperebutkan kemerdekaan. Sebagai salah satu untuk turut mengenang hai Pahlawan pada tanggal 10 November maka untuk itu kami akan mencoba menghadirkan salah satu contoh naskah pidato tentang hari pahlawan.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama marilah kita sekalian untuk memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segala rahmat, taufiq dan hidayahNya sehingga kita semua, seluruh hadirin yang ada disini dapat berkumpul dan bersilaturahmi di acara peringatan hari Pahlawan 10 November ini dengan suasana yang lancar hingga berakhirnya acara.

Yang kedua kalinya, tak lupa juga marilah kita haturkan sholawat serta salam untuk junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang telah memberikan kepada kita sekalian sebuah cahaya untuk seluruh umat manusia hingga terbebas dari keadaan gelap gulita ke kehidupan yang dipenuhi oleh cahaya kemenangan.

Hadirin muslimim wal muslimat yang dirahmati oleh Allah.

Momentum peringatan hari Pahlawan ini tentunya bukan hanya kita gunakan sebagai sebuah pengingat kepada kita tentang bagaimana perjuangan dan jerih payah para pahlawan-pahlawan bangsa kita sehingga dengan pengorbanan yang mereka berikan, akhirnya negara kita dapat memperoleh kemerdekaan. Bahkan kita tak bia membayangkan apakah generasi yang sekarang ini akan kah memiliki jiwa kepahlawanan seperti apa yang telah mereka lakukan pada masa penjajahan dulu. Terlebih lagi jika kita melihat kondisi generasi muda kita sekarang ini. sehingga tantunya kita harus benar-benar memberikan penghormatan dan sedalam dalamnya dan setinggi-tingginya kepada para pahlawan dan rasa terima kasih yang mendalam. Dan tentunya sebagai upaya dalam rangka menghormatinya, maka generasi kita sekarang ini harus terus berussaha untuk mempu mewujudkan suatu kehidupan berkebangsaan ke arah yang lebih baik demi menuju suatu bangsa yang besar.

Hadirin muslimim wal muslimat yang dirahmati oleh Allah.

Tentunya perjuangan yang dialami oleh para pahlawan terdahulu dengan apa yang dirasakan sekarang ini memiliki wujud yang berbeda. Penjajahan pada jaman tahun 45 tentu berbeda dengan penjajahan yang ada pada masa sekarang ini. sekarang ini secara hukum memang kita bisa dikatakan kita merupakan negara yang merdeka namun pada hakekatnya kita belum benar-benar menjadi negara yang merdeka. Kita msih dijajah dengan adanya serangan globalisasi yang membuat banyak orang semakin tak saling peduli, yang membuat orang semakin bergantung dengan yang namanya gadget dan hal tersebut ternyata memiliki dampak negataif yang cukup besar terhadap perilaku generasi sekarang ini.

Hadirin muslimim wal muslimat yang dirahmati oleh Allah.

Bersamaan dengan momentum hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November ini, marilah kita sekalian, kita saling berbenah diri. Mari kita saling instospeksi. Dan marilah kita setidaknya menjadi pahlawan bagi kita sendiri dengan berusaha untuk menjadi pribadi yang baik, menjadi pribadi yang akan selalu memberikan manfaat bagi orang lain.

Saya kira rasanya kurang bijak jika saya semakin memperpanjang sambutan kali ini, untuk sebagai penutup saya memohon maaf jika ada banyak kata-kata yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian. Akhir kata,,” majulah terus para pemuda…”

Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Walhidayah.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.