Naskah Pidato Tentang Agama Islam

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Naskah Pidato Tentang Agama Islam

Naskah pidato tentang agama islam – Salah satu cara untuk meingkatkan keimanan dan ketakwaan seseorang adalah dengan cara memberikan ceramah atau pidato keagamaan. Karena cara ini memang terbilang cukup efektif maka tak heran jika pada akhirnya banyak orang yang menggunakan metode pidato atau ceramah ini. Oleh sebab itu, bagi anda yang masih merasa kebingungan dalam mencari materi ceramah agama, maka berikut ini kami akan mencoba memberikan salah satu contoh naskah pidato tentang agama islam.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur Alhamdulillah yang tak terhingga kehadirat Allah SWT yang senantiasa telah memberikan segala rahmat , taufiq dan hidayahNya sehingga kita semua masih dapat berkumpul dan bersilaturahmi dalam acara pengajian ini dengan suasana yang lancar hingga acara ini nantinya dapat terlaksana hingga akhir.

Yang kedua kalinya, tak lupa juga marilah kita haturkan sholawat serta salam untuk junjungan nabi besar Muhammad SAW yang telah memberikan cahaya untuk seluruh umat manusia hingga terbebas dari keadaan gelap menuju kehidupan yang dipenuhi oleh cahaya kemenangan dan cahaya rahmat.

Seluruh hadirin saudara seiman dan seperjuangan.

Salah satu tonggak penting dalam beragama Islam adalah Iman. Seumpama rumah Iman merupakan pondasi utama ketika akan membangun sebuah rumah. Dalam agama Islam Iman ini tak hanya sebatas percaya dan diyakini dalam hati saja, namun lebih dari itu Iman merupakan suatu yang lebih kompleks. Dimana Iman ini memiliki arti dalam istilah merupakan membenarkan dalam hati, diucapkan dengan lisan dan diamalkan dengan tindakan.

Ketika kita beriman, maka langkah pertama tentunya adalah dengan mempercayai dulu dalam hati lalu selanjutnya mengucapkan dengan lisan dalam hal ini adalah mengucapkan kalimat syahadat dan pada akhirnya adalah melakukannya dengan perbuatan yang memiliki makna adalah dengan mengerjakan segala apa yang diperintahkannya dan menjauhi larangannNya.

Seluruh hadirin saudara seiman dan seperjuangan.

Tentunya ada perbedaan antara mereka yang benar-benar beriman atau mereka yang hanya mengaku beriman. Dalam AL Quran telah dijelaskan tentang bagaimana ciri-ciri orang yang beriman seperti dalam firma Allah dalam QS Ali Imran ayat 134 :

"dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau Menganiaya diri sendiri[229], mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui"

Bagi orang-orang yang beriman maka diberikannya penghargaan yang setinggi-tingginya kepada mereka. hal ini telah dijelaskan dalam sebuah Firman Allah dalam QS Ali Imran ayat 136:

"mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan Itulah Sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal"

Seluruh hadirin saudara seiman dan seperjuangan.

Setelah adanya penjelasan yang demikian jelas yang telah tertulis dalam AL Quran, maka tentunya, marilah mulai dari sekarang kita tata iman kita dengan sebenar-benarnya Iman.

Kiranya hanya cukup sekian yang dapat saya sampiakan kurang lebihnya mohon maaf.
Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Walhidayah.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.