Materi Pidato Tentang Pendidikan

Butuh Contoh Pidato? atau mau Pintar Pidato? Tema apapun ada disini. Terbaru, lengkap dan terbaik

Materi Pidato Tentang Pendidikan

Materi pidato tentang pendidikan – Berpidato merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk menyampaikan pendapat kepada khalayak ramai. Namun kemampuan orang berpidato tak selamanya sama. Bagi seseorang yang telah terbiasa berbicara di depan umum, maka tentunya berpidato tak akan menjadi masalah. Namun bagi yang memiliki keterbatasan kemampuan dalam menghadapi publik tentunya diperlukan persiapan khusus salah satunya dengan cara menyiapkan materinya sebaik mungkin. Oleh sebab itu disini kami mencoba memberikan salah satu materi pidato tentang pendidikan.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sebelum mengawali pidato saya kali ini, marilah kita semua terlebih dahulu berucap alhamdulillahirobbil alami. Sebagai salah satu cara kita untuk bersyukur kepada Allah dan agar menghindarkan kita untuk tak termasuk kedalam golongan orang-orang yang kufur akan nikmat. Selanjutnya shalawat serta salam tak lupa juga senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Hadirin sekalian, jamaah majelis taklim yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Bangsa kita merupakan suatu bangsa yang besar sehingga didalamnya terdapat banyak sekali keanekaragaman sosial, etnis budaya, agama aspirasi pilitik dan lain sebagainya. Sehingga secara sederhana dapat kita sebut bangsa Indonesia kita merupakan sebuah masyarakat multikultural. Dan tentunya makna multi kultural memiliki makna tersendiri dan tidak bisa disamakan dengan konsep keberagaman. Dan tentunya diharapkan dengan keberagaman masyarakat multikultural ini dapat menciptakan suatu masyarakat yang madani yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam agama Islam. Sehingga untuk menuju hal tersebut memerlukan suatu pendidikan multikultural.

Hadirin sekalian, jamaah majelis taklim yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Pendidikan memang merupakan alat yang strategis untuk dapat menciptakan sebuah negara yang besar. Dan bisa dibilang model pendidikan yang ada di negara kita juga merupakan suatu pendidikan mutilkultural yang telah menerapkan suatu strategi dan sarana untuk tercapainya suatu tujuan. Dan dengan kondisi negara kita yang sekarang ini yang semakin tidak menentu. Persoalan-persoalan yang dihadapi oleh negara kita juga semakin kompleks. Sehingga memang diperlukan suatu solusi berupa pendidikan multikultural agar cita-cita menciptakan suatu negara yang madani dapat tercapai. Dan gagasan pendidikan yang semacam ini memang dapat dijadikan sebagai pendidikan alternatif secara menyeluruh.

Hadirin sekalian, jamaah majelis taklim yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Tentunya untuk dapat mewujudkan gagasan pendidikan multikultural agar dapat menciptakan suatu negara yang madani tetap harsu didasarkan pada konsep ketaqwaan serta iman, keberadaban, sopan, toleransi, mandiri, keadilan sosial dan didasarkan dari segala konsep dan praktik-praktik pendidikan untuk menuju masyarakat madani sesuai dengan QS Ali Imran ayat 110 :

"kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik"

Sehingga Konsep pendidikan multikulturalisme harus berusaha dapat memfasilitasi proses pembelajaran yang menghargai keragaman etnis dan perbedaan, persamaan hak, toleransi dan sikap terbuka.

Kaum muslimin yang dirahmati oleh Allah.

Kiranya cukup sekian saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Akhirul Kalam.

Wabillahi Taufiq Walhidayah.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Materi Pidato Tentang Pendidikan